Prestasi SMP Kristen Petra 5    

Prestasi SMP Kristen Petra 5

Melalui Talenta yang Tuhan berikan, mereka dengan sungguh-sungguh mengasah kemampuannya. Kemuliaan Tuhan yang ditinggikan.

Tutorial Sebaya    

Tutorial Sebaya

Saling membantu dan melengkapi dalam hal belajar sebagai wujud rasa kepedulian antar teman

Eksperimen Pupuk Kompos    

Eksperimen Pupuk Kompos

Salah satu pembelajaran secara praktik yang dilakukan siswa berbasis ilmiah dalam menciptakan pupuk kompos.

Outing Class    

Outing Class

merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga siswa dapat belajar secara langsung/praktik dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar sekolah.

Religious Activity    

Religious Activity

Berdoa dan bersekutu bersama merupakan media untuk selalu dekat dengan Tuhan serta meningkatkan iman kristiani kita.

Membangun Negara    

Membangun Negara

Berbagai macam latar belakang tidak membuat sebuah perbedaan dalam mencintai negri kami tercinta Indonesia

Gedung Sekolah    

Gedung Sekolah

Proses belajar mengajar dilaksanakan di dalam gedung yang nyaman, hijau, dan asri

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

 

MANFAAT SENI FOTOGRAFI DI SMP KRISTEN PETRA 5 SURABAYA

foto1.jpgfoto2.jpgfoto3.jpg

SMP Kristen Petra 5 Surabaya memiliki berbagai macam kegiatan ELS untuk mengembangkan bakat siswa, salah satunya adalah Excellent Life Skill (ELS) Fotografi. Fotografi adalah sebuah teknik dalam melukiskan sebuah peristiwa, kejadian, dan hal-hal yang menarik menggunakan media cahaya untuk memproses semuanya. ELS Fotografi diadakan setiap hari Kamis dan Jumat untuk siswa kelas VII dan VIII. Kegiatan Fotografi diadakan di dalam kelas dan diluar kelas. Siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Ada banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ELS Fotografi ini antara lain : • Siswa bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari keahlian baru, dan ini dapat membuat anak lebih percaya diri. • Siswa juga dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal perencaan dan mempresentasikan suatu karya miliknya. • Siswa mempunyai kesempatan untuk menunjukkan potensinya melalui kreatifitas. • Memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi inovatif. • Memberikan siswa kesempatan untuk menyalurkan ide-idenya, pikiran dan perasaannya. • Merangsang anak-anak untuk mengembangkan ide-idenya dalam hal desain.

Dalam ELS Fotografi para siswa diajari mengenal jenis-jenis kamera , jenis-jenis lensa, dan perangkat kamera lainnya. Siswa juga akan belajar mengenai pengaturan cahaya, komposisi dan berbagai hal menarik seputar fotografi. Banyak dari siswa yang memiliki hobi memotret pemandangan indah. Misalnya saja memotret pemandangan gunung, pantai, bunga,dan hewan-hewan lucu. Saat menangkap dan mengabadikan pemandangan yang indah itu, secara tidak langsung memupuk rasa syukur dan kekaguman siswa akan ciptaaan Tuhan. Perasaan peka terhadap lingkungan sekitar pun akan makin terasah, tidak hanya obyek-obyek indah yang bisa menjadi target foto. Hal-hal lain yang bisa menggungah perasaan, misalnya jalanan berlubang, banjir, atau hal lain bisa menjadi obyek foto.

Semakin lama siswa mendalami fotografi, pasti akan belajar teknik-teknik memotret dengan lebih baik. Siswa akan terlatih untuk merencanakan foto seperti apa yang akan didapatkan. Bila memotret di tempat yang pencahayaannya kurang, apa yang harus disiapkan. Bila hendak memotret obyek yang bergerak, setingan seperti apa yang harus dilakukan. Hal-hal seperti itu melatih siswa untuk melakukan perencanaan sebelum memotret.

Besar harapan kita supaya ELS Fotografi ini dapat terus ada di SMP Kristen Petra 5 karena banyak manfaat yg didapat dari kegiatan ini. Salam

 

Majalah Dinding Sebagai Media Kreatifitas

mading1.jpgmading2.jpgmading3.jpg

Majalah dinding atau disingkat mading adalah salah satu media komunikasi yang penyajiannya biasanya dipajang pada media dinding atau sejenisnya. Melalui ELS Art and Craft SMP Kristen Petra 5 ingin menyalurkan bakat siswa melalui kegiatan mading tersebut. Terlihat para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Fungsi dari majalah dinding itu sendiri adalah sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi, media hiburan yang murah, mudah dan sederhana selain itu juga sebagai alat untuk berlatih jurnalistik secara sederhana.

Kali ini tema yang dipilih oleh Pembina ELS Art and Craft adalah tentang IPTEK. Para siswa mengumpulkan beberapa materi baik dari surat kabar, majalah juga foto-foto yang berhubungan dengan IPTEK. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mewujudkannya. Meskipun beberapakali bongkar pasang akhirnya kelompok mading dapat menuangkan gagasan kreatif mereka dalam berbagai bentuk. Semuanya mengerjakan dengan penuh semangat, bahkan membangkitkan kepercayaan diri mereka.

Tidak setiap hari siswa di SMP Kristen Petra 5 punya kesempatan untuk mengekspresikan diri. Kesibukan orang tua cenderung mengabaikan pendampingan terhadap mereka, serta terbatasnya fasilitas untuk bermain dan berkreativitas, majalah dinding menjadi salah satu media ekspresi favorit bagi para siswa. Selain media mengekspresikan diri, majalah dinding juga menjadi ruang bagi para siswa untuk membangun kepercayaan diri. Bahkan melalui majalah dinding, mereka bisa membangun komunikasi antara warga sekolah, melatih kecerdasan berpikir secara intelektual, mengasah dan mempertajam kemampuan menulis dan melatih berorganisasi. Tidak jarang, beberapa siswa datang untuk bertanya bagaimana untuk bisa terlibat mengisi majalah dinding. Sementara sebagian diantara mereka seru berceloteh tentang hal-hal menarik dan baru yang mereka ketahui dari kolom pengetahuan.

Sekarang menjadi keren itu tidak perlu memiliki berbagai peralatan canggih atau menjadi terkenal di sekolah tapi dengan beraktivitas di majalah dinding. Disini siswa bisa bebas berkreasi, berkreativitas sekaligus bergembira sambil memupuk cita-cita mereka untuk kehidupan yang lebih baik. Salam.

“Excellent Life Skill - Tari Tradisional Kreasi Baru”

Tari Tradisional Kreasi Baru adalah jenis kegiatan “Excellent Life Skill” yang baru dilaksanakan untuk tahun pelajaran 2013-2014 di SMP Kristen Petra 5. Ada dua pandangan dari siswa peserta kegiatan terhadap pelaksanaan “Excellent Life Skill” jenis “Tari Tradisional Kreasi Baru” ini.

“wow, excited els ini Pak, awalnya yang saya pikirkan adalah, ini sesuatu yang baru dan ingin coba-coba pilih els ini, tapi setelah berlangsung, enjoy sekali, lagi pula ada kesempatan akan tampil saat ada acara-acara tertentu. Kata pembinannya nanti bila ada pertukaran pelajar juga akan ditampilkan.” Demikian komentar Gabriella , salah seorang siswa kelas 8-5, pada saat diminta komentarnya tentang kegiatan “Excellent Life Skill” jenis Tari Tradisional Kreasi Baru.

Sedikit berbeda ketika Selma salah satu peserta ELS yang juga dari kelas 8-5. Dia berpikir pada awalnya jenis tarian ini ada persamaan dengan tarian “kontemporer”, namun ternyata tetap tari tradisional dengan tatanan tari yang bekreasi baru. Namun demikian Selma tetap melanjutkan keikutsertaan dalam kegiatan ini karena sudah menikmatinya, ditambah lagi temannya banyak dalam kegiatan ini.

Ketika salah satu anak yang bernama Melisa diminta berkomentar tentang kegiatan ini, sempat terungkap pendapat orangtua terhadap kegiatan ini. orangtua mendukung terselenggaranya kegiatan els dan minta supaya Melisa melanjutkannya. Melisa berharap bahwa pada kesempatan yang akan datang ada “ kolaborasi antara Tari Tradisional dengan Modern”, pasti menyenangkan lanjutnya.

Perlu untuk diketahui bahwa sekolah mengadakan kegiatan ini karena memiliki tujuan yaitu untuk menumbuhkan, membangkitkan, memupuk apresiasi generasi muda terhadap seni yang adi luhur dan mempertebal rasa cinta seni budaya bangsa serta memahami nilai-nilai luhur yang harus dipelihara, dilestarikan, dikembangkan menjadi suatu kebanggaan segala potensi bercitarasa seni yang lebih berkepribadian dan bermatabat.

Semoga para siswa dapat menjadi bagian dari bangsa Indonesia untuk tetap menghargai dan melestarikan budaya milik bangsa. Diharapkan pula, para siswa dapat meraih penghargaan atau prestasi melalui bidang seni ini.

 

 

Excellent Life Skills di SMP Kristen Petra 5

Seiring dengan dimulainya tahun ajaran baru ini, SMP Kristen Petra 5 kembali meningkatkan kualitas pengajaran, terutama dalam memperhatikan bakat-bakat yang dimiliki oleh para murid. Untuk itu, SMP Kristen Petra 5 mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan setelah jam pulang sekolah. Jika sebelumnya kegiatan ekstrakurikuler hanya ada beberapa saja, kini macamnya semakin bervariasi.

Ekstrakurikuler ini dibagi menjadi dua, ekstrakurikuler biasa dan Excellent Life Skills. Perbedaan di antara kedua kegiatan tersebut, yaitu: jika ekstrakurikuler biasa, murid tidak mendapatkan sertifikat; sedangkan jika mengikuti ELS, para murid mendapatkan sertifikat bahwa telah mengikuti ELS. Kegiatan ELS dan ekstrakurikuler, diadakan pada setiap hari Senin hingga Jumat, dari pukul 13.00 hingga 14.45.

Berikut ini beberapa kegiatan ELS dan ekstrakurikuler yang terdapat di SMP Kristen Petra 5:
1.   Cooking Class.
2.   Design Graphic.
3.   Fotografi.
4.   Modern Dance.
5.   Jurnalistik.
6.   Bola Basket (putra dan putri).
7.   Seni Rupa.
8.   KIR Matematika.
9.   KIRIPA.
10.  Elektro.
11. Drama.
12. Paduan Suara.
13. English Conversation.
14. Tata Boga.
15. Robotic.
16. Film / Foto Imaging.
17. Band.
18. Fashion Design.
19. Gitar.
20. Piano.
2I. Tata Boga.

boost the values reap the success