| |

A Declaration of Love

Halo… semuanyaa! Kami siswa dan siswi SMP Kristen Petra 5 ingin berbagi cerita tentang perayaan Valentine Day di sekolah kami. Pada tanggal 14 Februari merupakan hari yang spesial dimana di hari tersebut kita bersama dapat saling berbagi kasih sayang kita kepada teman maupun orang tua kita. Di Valentine Day, semua orang berhak untuk mendapatkan memperoleh kasih sayang. Sayangnya, pada tahun ini kami tidak bisa merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami hanya bisa merayakannya dibatasi oleh layar handphone masing-masing. Tetapi hal tersebut tidak membuat kami tidak merayakan Valentine Day. Tim osis SMP Kristen Petra 5 memiliki ide untuk merayakan Valentine Day yang tidak kalah mengesankan dengan ketika merayakan Valentine Day ketika offline.

valdayImlek

Sebelum Valentine Day, di instagram osis travejes dibuatlah pengumuman bahwa tepat pada tanggal 14 Februari, perwakilan dari osis akan melakukan live di instagram osis travejes. Kami mengambil tema “A Declaration of Love”. Dengan tema ini kami berharap di Valentine Day ini kami semua dapat berani menyatakan kasih sayang tanpa merasa malu kepada orang yang kami sayangi. Di live tersebut kami saling sharing makna Valentine Day dan yang tidak kalah penting membahas kasih sayang yang lebih besar dari semua bentuk kasih yang ada di dunia ini. Pastinya, hal tersebut merupakan kasih Tuhan kepada kita semua sebagai umatnya. Kami bersama mengingat kembali segala pengorbanan yang Tuhan telah lakukan untuk kita semua sebagai anak-Nya. Kasih sayang yang telah dilakukan oleh Tuhan merupakan perwujudan dari kasih AGAPE, yang merupakan kasih yang tulus dan setia.

Tak lupa, di akhir live kami membacakan semua surat yang telah beberapa teman kami telah kirim melalui instagram osis. Dengan beragam isi surat, mulai dari yang dipenuhi oleh tawa ria sampai isi surat yang memiliki makna yang sangat mendalam. Banyak dari mereka yang mengirimkan surat untuk sahabat terdekat mereka, guru yang mereka sayangi, dan untuk orang tua mereka. Kami berharap pada event valentine berikutnya, kalian dapat ikut meramaikan dan berpartisipasi bersama kami. Kami pun juga berharap agar event valentine tahun depan kami dapat merayakan Valentine Day secara offline di sekolah bersama teman-teman lainnya. Tetap jaga kesehatan dan Tuhan memberkati.  (Jocelyn 8.2)

Perayaan Imlek di Tengah Pandemi

imlek

Perayaan yang kami lakukan sederhana namun tetap memberikan kesan yang spesial. Siswa kelas 7 dan kelas 9, diminta untuk mengubah angpao biasa menjadi kerajinan kepala sapi setelah itu kepala sapi tersebut ditempelkan ke angpao yang biasa. Sedangkan para siswa kelas 8 membuat Lampion Sapi. Kami membuat dekorasi tersebut secara serentak saat kegiatan pembelajaran Bahasa Mandarin. Guru Bahasa Mandarin kami membimbing dan mengarahkan kami dalam pembuatan angpao maupun lampion dengan sabar. Kami melihat video contoh dan cara pembuatan, lalu menerapkannya pada saat jam pembelajaran tersebut. Setelah selesai membuat, semua siswa diharapkan mengambil gambar dari hasil karyanya dan mengunggah ke LMS Moodle yang sekarang kita bersama gunakan.in Nian Kuai Le ! Kalian pasti sering mendengar kata tersebut saat perayaan Tahun Baru Imlek. Kalian juga pasti sangat sering melihat lampion merah bergelantungan di sepanjang jalan. Berbeda halnya dengan perayaan Imlek kali ini. Pada saat pandemi seperti ini, kita benar-benar dibatasi oleh banyak sekali peraturan untuk mencegah rantai penyebaran Covid-19. Kita harus rajin mencuci tangan, kita juga harus selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Bahkan kita tidak dapat pergi ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar sehingga harus menggunakan perangkat baik handphone mau pun laptop untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Nah... pada tanggal 12 Februari 2021, kita merayakan Tahun Baru Imlek bersama. Di tanggal 11, sekolah kami SMP Kristen Petra 5 melakukan kegiatan Imlek yang sangat seru walaupun di saat Pandemi. Pihak sekolah mencari cara untuk tetap merayakan Imlek kali ini di saat pandemi dan di tengah keterbatasan yang ada.

Setelah mengunggah gambar, kita melanjutkan pelajaran lain seperti biasa. Kita juga memasang hiasan angpao maupun lampion yang telah kita hias dengan cantik. Meski di tengah pandemi kami selalu bersemangat mengikuti kegiatan sekolah dan mengerjakan semua tugas dengan tanggung jawab. Itulah perayaan Imlek di sekolah kami, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya...! Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dan kita semua dapat masuk ke sekolah dan melakukan kegiatan pembelajaran secara luring. (Jocelyn 8.2)

Keceriaan Natal saat berkolaborasi  dengan keluarga disaat Pademi

Yeeyyy…! Bulan Desember tiba… bulan yang kami nanti-nantikan. Ada banyak acara di sekolah kami, SMP Kristen Petra 5. Acaranya pun menarik walaupun dilakukan secara daring namun dikemas secara luar biasa, ada acara Natal Kelas, rangkaian Lomba Natal, ibadah Perayaan Natal Siswa yang berkolaborasi dengan orang tua dan juga ada bakti sosial Natal. 

Lomba Natal di SMP Petra 5 dilakukan pada tanggal 14 Desember dan banyak sekali lomba yang bisa diikuti seperti, lomba Family Concert, Chrismast Magic Card, Dance Bell’s Challenge, I’m Your Chrismas, Chrismas Photostory, dan Christmas at Home.

Sukacita Natal tetap kami rasakan karena di tengah pandemic COVID-19, kami semakin dekat dengan keluarga di rumah dan dapat merefleksikan diri lebih lagi dengan kelahiran Kristus. Tuhan Yesus semakin nyata menyertai kita dengan bukti kelahirannya, sesuai dengan tema besar Natal di tahun ini “Tuhan Beserta Kita”.

Ada satu acara yang unik tahun ini di SMP Kristen Petra 5, dimana sekolah mengundang orang tua untuk ikut bergabung ( berkolaborasi dengan orang tua) di Ibadah Perayaan Natal Siswa. Hal ini sangat kami nanti-nantikan karena kami dapat berkumpul bersama keluarga dan juga bersukacita menyambut datangnya Natal.

Acara Ibadah Perayaan Natal Siswa ini lakukan pada hari Selasa, 15 Desember 2020 dan dihadiri oleh 552 siswa serta 65 orang tua siswa. Kita dijuga bisa menyaksikan lagu-lagu yang dipersembahakn dari beberapa keluarga. Kehangatan Natal dan peringatan kelahiran Yesus tahun ini sungguh luar biasa meski dilakukan secara daring.  Tetap semangat….. Selamat Natal, semua! Tuhan memberkati. (Tasya P5)

AKSI dalam Beraksi pada Bulan Bahasa

Hai shalom semuanya, apa kabar?

Semoga dalam kabar yang baik-baik saja ya…

Kenalkan, nama saya Quinnetta.

Saya adalah salah satu siswi di SMP Kristen Petra 5 yang kini menduduki bangku kelas 7. Hari ini saya akan berbagi kisah tentang kegiatan yang baru saja berlangsung di sekolah tercinta ini. AKSI, begitulah tema untuk kegiatan Bulan Bahasa yang akan saya ceritakan saat ini. Tidak hanya mengandung sebuah arti mengenai ‘gerakan, tindakan, ataupun sikap’ seperti yang tertuang dalam KBBI saja, kata aksi juga mengandung sebuah akronim di dalamnya, antara lain:

A untuk antusias
K untuk kreatif
S untuk solider
I untuk integritas

 
Image_004.jpgImage_005.jpgImage_001.jpgImage_003.jpgImage_006.jpgImage_002.jpg

Bulan Bahasa ini tentunya diselenggarakan secara daring, namun hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusias kami dalam mengikuti acara. Siswa-siswi di sini tetap dapat menunjukan dan menampilkan bakat yang mereka punyai loh! Ada beberapa rangkaian acara yang berlangsung kala itu loh, seperti, pelantikan pengurus Osis, Koordinator PD, dan icon sekolah, kegiatan talkshow seputar protokol kesehatan bersama dokter sekolah, pemutaran film pendek, tampilan dari tim dance sekolah, tampilan dari Bapak/Ibu Guru Pengajar Bahasa, dan tak ketinggalan ada pula beberapa perlombaan di bidang bahasa.

Akan saya ceritakan secara sekilas untuk lomba-lombanya yaa…. Yang pertama ada lomba vokal grup. Nah, di lomba ini pesertanya diminta untuk menyanyi dan main musik menggunakan lagu nasional namun dengan menggunakan Bahasa Mandarin. Semua peserta tampak dengan semangat dalam mengikutinya. Hal ini terlihat dari upaya mereka untuk tetap dapat menyatukan keharmonisan dan keindahan lagu sekalipun dalam kondisi jarak jauh seperti ini. Gimana keren, kan?...

Eh wait… ada yang gak kalah keren juga! Selanjutnya di lomba kedua ada lomba dongeng. Lomba ini meminta pesertanya untuk menceritakan dongeng atau cerita rakyat dengan menggunakan Bahasa Jawa. Hehe.. menarik menurut saya. Dan ternyata benar, mereka tampil dengan begitu luar biasa, keren dan totalitas. Ada yang sampai memakai baju daerah agar cerita tersebut dapat lebih terlihat menarik, loh guys. Bahkan mereka pun tidak lupa menyiapkan properti penunjang ceritanya.

Di lomba yang ketiga, ada lomba poster digital. Di sini kita membuat poster yang berisi tentang budaya sekolah yang ada di sekolah kita, seperti 5S, 5 kata ampuh, SADAR, RIASE, dan tidak ketinggalan juga poster mengenai protokol kesehatan. Poster yang dibuat keren-keren loh, juga tampil dengan sangat kreatif.

Lomba keempat, ada lomba cerdas cermat. Kalau ini menurut saya adalah lomba yang paling susah, karena kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan di semua bidang bahasa yang diajarkan di sekolah ini. Tapi luar biasa, para pesertanya hebat-hebat, mereka bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan benar. Gimana guys, selain kreatif dalam bidang seni, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 juga jago kan dalam bidang pengetahuan.

Yuk kita lanjut ke lomba selanjutnya. Siapa di sini yang anak Tiktok, hayoo?? Bapak/Ibu panitia tidak mau ketinggalan untuk yang ini. Bulan Bahasa kali ini, juga menggunakan Tiktok dalam perlombaannya. Jadi, di lomba Tiktok ini, para pesertanya diminta untuk membuat semacam promosi atas apa saja yang ada di sekolah ini. Judul lombanya, My School Check. Dari judulnya saja, sudah bisa tertebak kalau menggunakan Bahasa Inggris. Dan kali ini, kita juga belajar bahwa aplikasi yang sedang booming ini, ternyata juga bisa dibuat untuk hal-hal yang positif dan mendidik tentunya.

Dan yang sangat spektakuler adalah lomba yang terakhir. Lomba sayembara logo SMP Kristen Petra 5. Eiiitttsss.. untuk yang ini tidak akan saya ceritakan sekarang ya guys. Tunggu cerita dari kami, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5, pada bagian yang selanjutnyaaaa….

Mengutip kata-kata dari podcast Bulan Bahasa yang ada di channel Youtube SMP Kristen Petra 5, “Duduk di kursi, ukir prestasi.”

 

Terimalah salam semangat kami,

Warga Travejes          

Daring Seleksi Ketua Osis Dan Icon Sekolah 2020/2021

OSIS_2.jpgIKON_SEKOLAH_3.jpgIMG_20200930_080213_1_5.jpgIMG_20200930_080352_1_1.jpgIMG_20200930_075945_4.jpg

Dalam masa pademi covid 19 tidak mengurangi cara berpikir kreatif dan inovatif untuk tetap melaksanakan program semester yang sudah ditetapkan. Dengan hal ini  di SMP Kristen Petra 5 menggunakan peluang untuk pemilihan anggota OSIS dan ICON sekolah secara daring. Masing-masing wali kelas memilih siswa, satu putra dan satu putri yang secara akademik bagus dan mumpuni serta berkarakter. Dari sinilah diawali dengan pengajuan kandidat dari masing-masing kelas. Kemudian panitia melalui rapat dan voting internal terpilih 5 icon putra dan 5 icon putri untuk maju sebagai finalis. OSIS terpilih 4 nama yang maju menjadi finalis. Kemudian para finalis ini akan dipilih oleh seluruh siswa SMP Kristen Petra 5 melalui polling Zoom. Sebelumnya 4 calon ketua OSIS diminta untuk membuat video profil dan visi misi untuk dipublikasikan saat pagi hari sebelum proses pembelajaran, sehingga semua siswa mengenal calon-calon ketua OSIS dan juga mengetahui akan fisi misinya. Selanjutnya pada hari pemilihan, dipilihlah ketua OSIS dan ICON sekolah melalui polling. Dari hasil penghitunangan polling yang terpilih menjadi ketua OSIS adalah Jocelyn Gracia Setiawan dari kelas VIII-2, sedangkan ICON sekolah yang terpilih adalah Nataniel Joshe dari kelas IX-6 sebagai icon putra dan Gabriella A Yapri dari kelas IX-3. Selamat untuk para siswa yang terpilih tetap semangat, dan tetap melayani dengan sepenuh  hati.

 

boost the values reap the success