| |

Membangun Siswa Berkarakter Melalui Pramuka

Salam pramuka!!! perkenalkan kami dari OSIS travejes ingin bercerita mengenai kegiatan pramuka yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 5. Walaupun kegiatan pramuka diadakan secara online, acara pramuka kali ini tidak akan kalah seru dengan kegiatan pramuka yang dilakukan saat offline. Kegiatan pramuka disekolah kami diadakan selama dua hari tepatnya  pada tanggal 7 dan 11 Juni 2021. Dengan adanya gerakan pramuka membentuk pribadi para siswa-siswi menjadi semakin cinta tanah air, terampil, dan bertanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa di masa depan. Kami memilih “Tunas Bangsa Yang Berkarakter” untuk dijadikan tema kegiatan pramuka kami. Melalui tema ini kami mengharapkan agar siswa-siswi dapat memahami pramuka lebih dalam lagi dan dapat semakin memperdekat tali persaudaraan antar siswa. Mulai dari ada permainan menebak potongan gambar, menebak lirik lagu pramuka, dan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu yaitu treasure hunt game.

P4.jpegP1.jpegP5.jpegP2.jpegP3.jpegP6.jpeg

Kegiatan pramuka kali ini sangat menarik dan pastinya sangat seru dan akan menggugah semangat pramuka yang ada di dalam diri setiap siswa siswi kelas VII dan kelas VIII. Di hari pertama, pada tanggal 7 Juni 2021 banyak permainan seru seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu permainan menebak potongan gambar yang berhubungan dengan pramuka. Contoh-contoh gambar seperti lambang tanda pandu dunia, buku “Scouting for Boys”, lambang gerakan pramuka, dsb. Siswa-siswi sangat antusias dalam menebak potongan-potongan gambar tersebut. Permainan selanjutnya yaitu menebak lirik lagu pramuka yang sudah diubah ke dalam sandi angka, siswa-siswi yang mengetahui jawabannya bisa menyalakan micnya lalu menyebutkan lirik, judul, dan menyanyikan sedikit dari lagu tersebut. Dan tak lupa, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 juga diajari berbagai materi kepramukaan, seperti sejarah pramuka, sandi pramuka, Dasa Dharma, dan Trisatya.

Hari kedua merupakan hari yang diitunggu-tunggu oleh siswa-siswi. Kegiatan pramuka di hari kedua diisi dengan bermain Treasure Hunt yang berjudul “The Secret Behind The Ancient Temple” dan ditutup dengan menonton sebuah film bersama. Di Treasure Hunt ini, para siswa harus memecahkan setiap teka-teki yang diberikan. Regu dinyatakan berhasil ketika mereka menemukan 2-3 bunyi Dasa Dharma. Dari bunyi Dasa Dharma yang didapatkan setiap regu, nantinya akan disatukan dengan bunyi yang didapatkan oleh regu lainnya. Akhirnya, nanti akan menjadi bunyi Dasa Dharma yang satu padu, serta sesuai dengan urutannya. Permainan Treasure Hunt ini, kami berharap dapat membuat para siswa siswi semakin dekat satu sama lain. Kegiatan pramuka hari kedua ditutup dengan menonton film yang memiliki pesan moral yang sangat penting. Kegiatan pramuka seperti ini pastinya sangat berguna untuk menambah ilmu pengetahuan serta yang paling utama yaitu meningkatkan semangat pramuka siswa-siswi SMP Kristen Petra 5. Serta juga diharapkan untuk siswa-siswi dapat tumbuh menjadi orang-orang yang memiliki etika yang baik. Travejes… Yes We Can! (Jocelyn Gracia P.5)

A Declaration of Love

Halo… semuanyaa! Kami siswa dan siswi SMP Kristen Petra 5 ingin berbagi cerita tentang perayaan Valentine Day di sekolah kami. Pada tanggal 14 Februari merupakan hari yang spesial dimana di hari tersebut kita bersama dapat saling berbagi kasih sayang kita kepada teman maupun orang tua kita. Di Valentine Day, semua orang berhak untuk mendapatkan memperoleh kasih sayang. Sayangnya, pada tahun ini kami tidak bisa merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami hanya bisa merayakannya dibatasi oleh layar handphone masing-masing. Tetapi hal tersebut tidak membuat kami tidak merayakan Valentine Day. Tim osis SMP Kristen Petra 5 memiliki ide untuk merayakan Valentine Day yang tidak kalah mengesankan dengan ketika merayakan Valentine Day ketika offline.

valdayImlek

Sebelum Valentine Day, di instagram osis travejes dibuatlah pengumuman bahwa tepat pada tanggal 14 Februari, perwakilan dari osis akan melakukan live di instagram osis travejes. Kami mengambil tema “A Declaration of Love”. Dengan tema ini kami berharap di Valentine Day ini kami semua dapat berani menyatakan kasih sayang tanpa merasa malu kepada orang yang kami sayangi. Di live tersebut kami saling sharing makna Valentine Day dan yang tidak kalah penting membahas kasih sayang yang lebih besar dari semua bentuk kasih yang ada di dunia ini. Pastinya, hal tersebut merupakan kasih Tuhan kepada kita semua sebagai umatnya. Kami bersama mengingat kembali segala pengorbanan yang Tuhan telah lakukan untuk kita semua sebagai anak-Nya. Kasih sayang yang telah dilakukan oleh Tuhan merupakan perwujudan dari kasih AGAPE, yang merupakan kasih yang tulus dan setia.

Tak lupa, di akhir live kami membacakan semua surat yang telah beberapa teman kami telah kirim melalui instagram osis. Dengan beragam isi surat, mulai dari yang dipenuhi oleh tawa ria sampai isi surat yang memiliki makna yang sangat mendalam. Banyak dari mereka yang mengirimkan surat untuk sahabat terdekat mereka, guru yang mereka sayangi, dan untuk orang tua mereka. Kami berharap pada event valentine berikutnya, kalian dapat ikut meramaikan dan berpartisipasi bersama kami. Kami pun juga berharap agar event valentine tahun depan kami dapat merayakan Valentine Day secara offline di sekolah bersama teman-teman lainnya. Tetap jaga kesehatan dan Tuhan memberkati.  (Jocelyn 8.2)

Open House & Bridging The Future

Shalom teman-teman semua. Di masa pandemi seperti ini, Open House merupakan kegiatan yang bisa dibilang cukup sulit untuk diadakan. Tetapi SMP Kristen Petra 5 tetap mengadakan Virtual Open House yang bertemakan 'Be The Shine in Our Own Way'. Pada hari Selasa, tepatnya tanggal 8 Juni 2021, SMP Kristen Petra 5 sempat mengadakan acara Open House dan dimeriahkan dengan adanya panggung boneka. Tidak hanya panggung boneka, ada banyak sekali acara-acara lainnya seperti praktikum, kedatangan bintang tamu, serta penampilan bakat dari siswa dan siswi SMP Kristen Petra 5. Di dalam panggung boneka ini terdapat 4 tokoh yang bernama Pinky, Wendy, Pacca, dan juga Elena. Mereka memiliki pertemanan yang sangat seru dan juga menyenangkan untuk diikuti kisahnya. Panggung boneka ini mengisahkan tentang bagaimana kisah 4 serangkai ini datang untuk melihat betapa bagus dan berbakatnya para siswa-siswi SMP Kristen Petra 5.

Di acara Open House tahun ini, kami menampilkan berbagai bakat-bakat yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP Kr. Petra 5. Baik itu talenta yang ada di bidang akademis ataupun non-akademis. Setiap siswa pasti memiliki talenta di dalam dirinya. Hanya saja beberapa dari mereka masih malu ataupun tidak mau mengembangkannya. Namun, di SMP Kristen Petra 5 kami ingin membantu dengan menfasilitasi para murid agar dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki dan akhirnya mereka dapat menjadi berkat bagi orang lain serta dirinya sendiri. Seperti contohnya ada Tasya yang jago nge-dance menjadi pemenang di suatu lomba dance yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 5. Lalu juga ada Marco yang pintar dalam bermain alat musik khususnya gitar dan menjadi pemenang di lomba yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 5 juga, Josephine dengan bakatnya melukis menghasilkan lukisan yang sangat indah.

OH_6.jpegOH_3.jpegOH_2.jpegOH_4.jpegOH.jpegOH_5.jpeg

Salah satu kegiatan kami dengan mengadakan fun learning and Interactive Learning dengan melakukan berbagai percobaan science. Kami mengadakan kegiatan ini agar dapat menambah pengetahuan dan minat teman-teman yang bergabung di Open House SMP Kristen Petra 5 saat itu. Kegiatan fun learning menjadi semakin meriah disertai dengan kedatangan Mr. D dan kedua asistennya. Di saat praktikum Gelas Bernada, kami memainkan alunan lagu “Si Semut Yang Kecil” menggunakan gelas yang sudah diisi dengan air. Sangat menarik bukan? Kami bersenang ria dan bergembira bersama dengan seluruh participants yang ada di zoom saat itu. Kegiatan selanjutnya kami mencampurkan air yang ada di botol air mineral dengan betadine, lalu kami menambahkan sebuah komponen rahasia. Tiba-tiba larutan betadine tersebut menjadi bening seperti semula. Bagaimana bisa? Semua terkejut saat melihat hal itu namun ternyata itu merupakan Uji Vitamin C yang diakibatkan oleh adanya reaksi redoks. Kami juga mengadakan Science Quiz yang berhubungan dengan praktikum Gelas Bernada dan Uji Vitamin C. Semua sangat antusias dalam menjawab Science Quiz ini. Banyak dari mereka menjadi paham mengapa gelas yang diisi air bisa menghasilkan nada musik dan mengapa larutan betadine itu menjadi bening seperti semula. Acara dilanjutkan dengan penampilan bintang tamu yang juga turut memeriahkan acara Open House yaitu Celine & Nadya. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyanyi ini? Celine & Nadya membawakan lagu mereka yang berjudul “Lugu.” Suara tepuk tangan terdengar meriah, seluruh participants terlihat menikmati penampilan Celine & Nadya.

Ada sebuah kutipan menyatakan demikian “Hidup ini bercerita bukan tentang kita   memiliki bakat atau tidak. Tapi bercerita tentang apakah kita memanfaatkan bakat kita atau tidak.” Selain sebagai acara promosi sekolah, melalui Open House yang SMP Kristen Petra 5 adakan ini, kita juga diajak memaksimalkan seluruh talenta dan minat yang kita miliki dan terutama juga mengembangkannya. Zaman modern seperti ini, banyak anak muda menjadi malas untuk mengembangkan bakat yang mereka punya. Edukasi seperti ini bisa membuka mata para generasi muda agar bisa mengembangkan talenta yang mereka punya dari Tuhan sebagai ucapan syukur kita. SMP Kristen Petra 5 bukan hanya ingin mempromosikan sekolahnya melalui berbagai penampilan acara dan pembelajaran yang ditampilkan, namun juga mengedukasi kepada kita, melalui anak anak berbakat yang SMP Kristen Petra 5 miliki mengajarkan para generasi muda agar bisa mengembangkan talenta mereka. Sungguh menyenangkan acara Open House ini. Semua orang terkadang merasa tertawa saat melihat panggung boneka. Terkadang juga mereka fokus mengikuti praktikum yang diajarkan. Dan terutama mendapatkan satu pembelajaran penting, yaitu talenta berapapun yang kita miliki, kita harus menggunakan dan memanfaatkannya agar dapat menguntungan bagi kita dan juga orang lain. Acara open house rasanya cepat berlalu, kami semua masih ingin melihat 4 tokoh boneka yang lucu dan juga talenta siswa siswi SMP Kristen Petra 5. Kami akan terus berharap akan ada open house lagi tahun depan, sehingga bisa terus mengedukasi kami. Travejes, yes we can! (Jocelyn Gracia P5)

 

Perayaan Imlek di Tengah Pandemi

imlek

Perayaan yang kami lakukan sederhana namun tetap memberikan kesan yang spesial. Siswa kelas 7 dan kelas 9, diminta untuk mengubah angpao biasa menjadi kerajinan kepala sapi setelah itu kepala sapi tersebut ditempelkan ke angpao yang biasa. Sedangkan para siswa kelas 8 membuat Lampion Sapi. Kami membuat dekorasi tersebut secara serentak saat kegiatan pembelajaran Bahasa Mandarin. Guru Bahasa Mandarin kami membimbing dan mengarahkan kami dalam pembuatan angpao maupun lampion dengan sabar. Kami melihat video contoh dan cara pembuatan, lalu menerapkannya pada saat jam pembelajaran tersebut. Setelah selesai membuat, semua siswa diharapkan mengambil gambar dari hasil karyanya dan mengunggah ke LMS Moodle yang sekarang kita bersama gunakan.in Nian Kuai Le ! Kalian pasti sering mendengar kata tersebut saat perayaan Tahun Baru Imlek. Kalian juga pasti sangat sering melihat lampion merah bergelantungan di sepanjang jalan. Berbeda halnya dengan perayaan Imlek kali ini. Pada saat pandemi seperti ini, kita benar-benar dibatasi oleh banyak sekali peraturan untuk mencegah rantai penyebaran Covid-19. Kita harus rajin mencuci tangan, kita juga harus selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah. Bahkan kita tidak dapat pergi ke sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar sehingga harus menggunakan perangkat baik handphone mau pun laptop untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Nah... pada tanggal 12 Februari 2021, kita merayakan Tahun Baru Imlek bersama. Di tanggal 11, sekolah kami SMP Kristen Petra 5 melakukan kegiatan Imlek yang sangat seru walaupun di saat Pandemi. Pihak sekolah mencari cara untuk tetap merayakan Imlek kali ini di saat pandemi dan di tengah keterbatasan yang ada.

Setelah mengunggah gambar, kita melanjutkan pelajaran lain seperti biasa. Kita juga memasang hiasan angpao maupun lampion yang telah kita hias dengan cantik. Meski di tengah pandemi kami selalu bersemangat mengikuti kegiatan sekolah dan mengerjakan semua tugas dengan tanggung jawab. Itulah perayaan Imlek di sekolah kami, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya...! Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu dan kita semua dapat masuk ke sekolah dan melakukan kegiatan pembelajaran secara luring. (Jocelyn 8.2)

Keceriaan Natal saat berkolaborasi  dengan keluarga disaat Pademi

Yeeyyy…! Bulan Desember tiba… bulan yang kami nanti-nantikan. Ada banyak acara di sekolah kami, SMP Kristen Petra 5. Acaranya pun menarik walaupun dilakukan secara daring namun dikemas secara luar biasa, ada acara Natal Kelas, rangkaian Lomba Natal, ibadah Perayaan Natal Siswa yang berkolaborasi dengan orang tua dan juga ada bakti sosial Natal. 

Lomba Natal di SMP Petra 5 dilakukan pada tanggal 14 Desember dan banyak sekali lomba yang bisa diikuti seperti, lomba Family Concert, Chrismast Magic Card, Dance Bell’s Challenge, I’m Your Chrismas, Chrismas Photostory, dan Christmas at Home.

Sukacita Natal tetap kami rasakan karena di tengah pandemic COVID-19, kami semakin dekat dengan keluarga di rumah dan dapat merefleksikan diri lebih lagi dengan kelahiran Kristus. Tuhan Yesus semakin nyata menyertai kita dengan bukti kelahirannya, sesuai dengan tema besar Natal di tahun ini “Tuhan Beserta Kita”.

Ada satu acara yang unik tahun ini di SMP Kristen Petra 5, dimana sekolah mengundang orang tua untuk ikut bergabung ( berkolaborasi dengan orang tua) di Ibadah Perayaan Natal Siswa. Hal ini sangat kami nanti-nantikan karena kami dapat berkumpul bersama keluarga dan juga bersukacita menyambut datangnya Natal.

Acara Ibadah Perayaan Natal Siswa ini lakukan pada hari Selasa, 15 Desember 2020 dan dihadiri oleh 552 siswa serta 65 orang tua siswa. Kita dijuga bisa menyaksikan lagu-lagu yang dipersembahakn dari beberapa keluarga. Kehangatan Natal dan peringatan kelahiran Yesus tahun ini sungguh luar biasa meski dilakukan secara daring.  Tetap semangat….. Selamat Natal, semua! Tuhan memberkati. (Tasya P5)

boost the values reap the success