| |

Semangatku untuk tanggal 17-ku

Teman-teman, kalau mendengar sebutan “Tujuh Belas Agustus”, apa sih yang terlintas dalam pikiran kalian? Upacara kemerdekaan? Lomba makan kerupuk? Balap karung? Atau, Kemerdekaan Indonesia?

17an

Yap… tanggal tersebut adalah tanggal bersejarah untuk Bangsa Indonesia ini. Diperingati sebagai hari merdeka, hari bebasnya bangsa ini dari belenggu para penjajah. Tak salah jika pada tanggal tersebut seluruh warga Negara Indonesia merayakannya.

17an3

Seperti halnya di sekolah kami, SMP Kristen Petra 5. Jumat (16/8) silam, kami siswa-siswi SMP Kristen Petra berpartisipasi dalam kegiatan Perayaan Hari Kemerdekaan. Berbagai macam lomba diadakan dalamnya. Mulai dari rally games, membuat komik, membaca puisi, story telling, dan banyak macam lagi!

17an8

Sebelum perlombaan dimulai, seperti biasa, kami akan mendengar ibadah pagi dari sentral.  Setelahnya, kami berkumpul di lapangan sekolah untuk membentuk suatu formasi yang bertuliskan ‘74’ yang merupakan umur bangsa kita sekarang. Eits…., untuk formasi ini kami tidak sembarangan dalam memakai baju, lho, kami memakai baju bernuansa merah – putih. Setelah formasi, kami mendengar sambutan dari kepala sekolah kami, Bapak Ngatmin. Acara kami dilanjutkan dengan senam pagi untuk siswa dan juga guru. Setelah itu, pokok acara pun dimulai.

17an9

Sembari lomba, kami juga bisa menikmati makanan dan minuman yang bazaar yang berlangsung. Banyak makanan dan minuman yang menggoda selera di sana… jenis makanannya ga usah disebutin deh ya, nanti pada laper hehe. Setelah lomba usai, kami diminta untuk masuk kelas kami masing-masing.  Di kelas, kami mengikuti ibadah penutupan dan mendengarkan pengumuman pemenang dari setiap bidang lomba yang sudah berlangsung tadi. Meskipun tidak setiap kelas menang, tetapi kami tetap bahagia karena melalui perlombaan ini kami bisa menunjukkan bakat yang kami miliki. Acara 17-an yang satu ini sangat berkesan buatku. Mengapa? Karena para guru dan murid-murid dapat dengan senang hati untuk berpartisipasi dan menikmati acara ini. Kami para murid-murid dapat membangun kepercayaan pada satu sama lain di dalam pengalaman berlomba.

 
17an3.jpg17an4.jpg17an7.jpg17an.jpg17an2.jpg17an5.jpg17an6.jpg17an8.jpg17an9.jpg

Salam Semangat !!!!!

Merdekaaaa !!!!!!

TIGA HARI BANYAK KENANGAN

HALLO, SEMUANYA! Mau tanya nih, masih inget zaman kalian ikut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) nggak? Atau mungkin kalian nggak tahu apa itu MPLS? Kalau misal tidak tahu, yuk disimak kisah kami berusaha saling mengenal selama tiga hari mengikuti MPLS tahun ini di SMP Kristen Petra 5 yang bertemakan “Educate Yourself”!

Hari pertama MPLS, Senin 15 Juli 2019, dimulai dengan renungan pagi melalui video distribusi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta renungan yang disampaikan oleh guru Agama. Setelah renungan pagi berakhir, para siswa mengikuti upacara pembukaan kegiatan MPLS. Pagi itu, matahari sangatlah terik tapi tidak mengapa, upacara tetap berjalan dengan khidmat. Setelah upacara pembukaan, para siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 (kelas VII-5 s/d VII-7) langsung mendapatkan pengarahan dari kepala sekolah tentang potensi sekolah di ruang serba guna.

Acara dilanjutkan dengan Wawasan Wiyata Mandala oleh bapak/ibu guru dengan secara langsung melihat ruangan-ruangan yang ada di SMP Kristen Petra 5. Sedangkan kelompok 2 (kelas VII-1 s/d VII-4) mengikuti ice breaking bersama guru kelas dan juga OSIS yang mendampingi. Kegiatan menarik tidak hanya terjadi selama sesi tetapi juga pada saat istirahat. Siswa baru menggunakan waktu istirahat untuk lebih mengenal bapak/ibu guru dan kakak pengurus OSIS dengan berburu tanda tangan. Kegiatan hari itu berakhir dengan latihan talent show dimasing-masing kelas.

Berbakti untukmu Negeri

10 NOV web2

       Kami memang bukan para pejuang negeri dan kami juga bukan pahlawan revolusi. Tetapi kami hanyalah siswa-siswi yang berusaha berbakti pada negeri ini. Tidak banyak yang bisa kami lakukan, yang pasti menghargai dan turut ambil bagian dalam perayaan momen nasional bangsa ini.

       28 Oktober merupakan hari peringatan Sumpah Pemuda. Kami, SMP Kristen Petra 5, mengadakan upacara untuk memperingatinya. Selain upacara, pada momen yang bersamaan pula, dilangsungkan pelantikan pengurus Osis, Icon sekolah, dan tim Persekutuan Doa untuk daur 2018-2019. Siswa-siswi yang terlibat di dalamnya adalah siswa-siswi yang bersedia mendedikasikan dirinya untuk terlibat aktif dengan sekolah. Sebelum dilantik, tentunya mereka telah menjalani beberapa rangkaian seleksi dan pembekalan. Siswa-siswi terbaiklah yang terpilih di dalamnya.

Paskahku, Hidup Baruku

 
1556495481253.jpg1556495665547.jpg1556495588348.jpg1556495612627.jpg1556495624101.jpg1556495650086.jpg1556495714294.jpg1556495640360.jpg1556495564390.jpg

Setelah kita semua terjebak dalam sebuah labirin yang sungguh luas dan bercabang-cabang, penuh tantangan dan bahkan mungkin membosankan,  akhirnya sampailah kita di garis finish. Sebuah garis yang menyatakan gerbang kemenangan yang sudah siap untuk dibuka. Di sana terpancar kebahagiaan, seperti kebahagiaan atas sebuah pesta. Kami melihat kemeriahan pesta itu melalui berbagai lomba yang diadakan. Hari itu, sekolah kami tercinta, SMP Kristen Petra 5, melaksanakan perayaan Paskah. Hari Tuhan Yesus, Sang Juruselamat yang hidup, bangkit dari kubur setelah menebus semua dosa manusia dan menyelamatkan umatnya. Lomba-lomba itu diadakan untuk membantu para siswa mengembangkan semua talenta yang terpendam dalam diri mereka. Ada lomba karaoke bagi para siswa yang mempunyai talenta di bidang musik. Lomba membuat komik, poster serta menghias telur bagi para siswa yang berbakat di bidang kesenian. Bagi para siswa yang cerdas, tangkas, luwes dalam berbicara bisa berpatisipasi dalam lomba cerdas cermat dan membawakan firman. Sementara lomba cerpen diperuntukkan bagi anak-anak yang mempunyai cakap di bidang verbal.

depArt (Graduation & Art Performance 2019)

Istilah di atas memiliki arti Keberangkatan. Dengan mengadopsi konsep Departure yang ada pada setiap terminal keberangkatan, SMP Kristen Petra 5 menggunakannya  sebagai tema yang mendasari perhelatan besar yang berlangsung pada Bulan Juni 2019 lalu.

Pelepasan Siswa Kelas IX dan Pentas Seni, ialah dua rangkaian kegiatan besar yang dilaksanakan sekaligus pada hari dan waktu yang bersamaan. Keduanya dirangkai seringkas mungkin agar bisa tetap berjalan seimbang dan memukau. Prosesi pelepasan merupakan rangkaian awal sebelum menginjak acara pentas seni. Kekhidmatan dalam prosesinya, sama sekali tidak dihilangkan. Persembahan pujian oleh siswi kelas IX digunakan sebagai jembatan peralihan antara pelepasan dan pentas seni.

Sesuai namanya, pentas seni adalah ajang unjuk kebolehan dalam bidang seni. Mulai dari bermain musik, bermain peran, bernyanyi, menari, bahkan bela diri sekalipun, semuanya dituangkan dalam perhelatan ini. Drama musikal adalah konsep kegiatan yang mendasarinya. Setiap tampilannya tidak dibiarkan berdiri sendiri-sendiri, semuanya merupakan satu-kesatuan yang terikat oleh alur.

Antusias warga sekolah sangat kental terasa. Siswa-siswi kelas VII, VIII, IX, beserta Bapak/Ibu Guru Karyawan terlibat aktif dalam acara ini. Lagi-lagi, tiada hasil yang mengkhianati proses. Segenap panitia dan pengisi acara berhasil menyuguhkan tampilan memukau dan begitu luar biasa.

Proud of you Travejes

Kembangkan selalu potensi dirimu !

 
boost the values reap the success