| |

MPLS Daring Tanpa Garing

poster mplsPembelajaran tahun ajaran baru 2020 -2021 siap dimulai. Sekolah mulai segala aktivitas rutin awal tahun ajaran. Diantaranya adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  ( MPLS ) bagi siswa baru. Hal ini juga menjadi sesuatu yang baru bagi sekolah, mengingat MPLS harus dilakukan dengan daring.

Demikian halnya dengan SMP Kristen Petra 5 Surabaya, yang memiliki jargon “TRAVEJES, Yes We Can”. Kegiatan MPLS dengan tema Downright , Active, Religious, Innovative , New Generation ( DARING ) akan dilaksanakan 13 Juli – 15 Juli 2020. Harapannya siswa baru dengan pembelajaran daring menjadi generasi baru yang tangguh, aktif, inovatif dan religius. Sebagai awal kegiatan, Jumat 10 Juli 2020 sekolah mengundang orang tua dan siswa baru via zoom untuk berkenalan dengan wali kelas dan mentor. Bisa dibayangkan ribetnya … . siswa yang baru lulus SD diajak ber “zoom” ria bersama orang tua. Ada banyak kendala yang harus dihadapi, diantaranya sinyal tidak stabil, belum bisa menggunakan zoom, tidak punya gawai sendiri dan yang lainnya.

Senin , 13 Juli kegiatan diawali dengan ibadah dan pengenalan lingkungan sekolah. Dari tayangan video,  siswa baru diperkenalkan dengan ruang-ruang yang ada di sekolah, tak ketinggalan dikenalkan pula  bapak ibu guru pengajar. Hari kedua siswa diperkenalkan dengan kurukulum dan tata terib sekolah. Pentingnya kurikulum pada masa New Normal ini, orang tua diundang hadir untuk dapat memahami dengan benar. Pada hari terakhir, Rabu 15 Juli siswa diajarkan cara mengaplikasikan Learning Management System ( LMS ) yang akan diterapkan di sekolah. Mulai dari membuat akun, login , cara belajar dan melaksanakan tes .

Agar siswa baru nantinya benar-benar menjadi DARING , siswa diberikan tugas untuk membuat video. Video pertama tentang Respect Advance Internalize Share Empower ( RAISE )  diwujudkan dalam kegiatan yang dilakukan siswa di rumah. Video kedua dengan tema “My New Normal My commitment “ yakni video komitmen siswa selama menjadi siswa di SMP Kristen Petra 5.

 

Tentu bukan perkara mudah, bagi siswa, guru, sekolah maupun orang tua dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi. Saling bekerja sama dan bersinergi menjadi kunci keberhasilan setiap kegiatan. Semoga dalam kegiatan MPLS DARING semua kendala dapat diatasi dengan baik. BRAVO  MPLS DARING,  BRAVO TRAVEJES . GBU All.  (CiCi P5)     

Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2019/2020

Pelepasan Siswa Kelas IX  Yang Penuh Kesan

Pelepasan merupakan hal yang paling dinantikan oleh para siswa selama masa sekolah. Mereka dapat merayakan hasil kerja keras mereka selama 3 tahun ini serta membuat kenangan berkesan bersama dengan teman-teman, bapak dan ibu guru. Kami selaku warga SMP Kristen Pertra 5 telah merencanakan pelepasan ini jauh-jauh hari, tetapi karena pandemi yang melanda, semua rencana kami tidak dapat terlaksana, dan pihak sekolah dengan kebijakan yang diberlakukan dari pemerintah meminta warga sekolah baik, guru karyawan serta para siswa untuk bekerja dan belajar dari rumah. Jujur bagi kami para siswa, kami merasa sangat kecewa terhadap situasi dan kondisi pademi covid 19 ini. Tetapi kami juga harus mengerti bahwa peraturan ini diberlakukan demi kesehatan kami bersama.

            Untuk mengatasi perubahan acara pelepasan ini, para pihak sekolah telah mencari cara, yaitu dengan cara virtual (streaming). Kami berusaha sangat keras untuk mewujudkan gagasan ini. Kami harus merombak struktur acara pelepasan kami yang lama menjadi acara pelepasan tanpa bertatap muka. Mulai dari syuting pidato, penampilan, pengumuman kelulusan, editing, dan lainnya, kami lakukan dengan semangat dan kerja keras.

Alhasil, kami dapat menciptakan pelepasan virtual dengan sangat baik dan maksimal pada Jumat, 12 Juni 2020. Meskipun kita semua tidak dapat bertemu secara langsung, kami berharap bahwa arti dari pelepasan dapat tetap melekat di hati kita semua. Ada pepatah mengatakan “Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil,” maka kedepannya kita harus tetap semangat bekerja keras dalam segala kondisi.

(Renata 9.2)

 

Kami Pramuka Indonesia!

PRAMUKA

Setelah masa UAS berakhir, pada saat inilah kami mendapatkan jadwal khusus dari sekolah kami. Kali ini, sekolah kami mengadakan kegiatan pramuka. Kami semua dididik untuk menjadi anak pramuka.Pada tanggal 2–3 Desember 2019, para siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Kristen Petra 5, mengikuti kegiatan pramuka. Setiap kelas dibagi menjadi dua kelompok putri dan dua kelompok putra, yang ditentukan oleh wali kelas masing-masing. Dalam kegiatan ini, kami mendapatkan beberapa ilmu tentang pramuka dan wawasan mengenai sejarah pramuka itu sendiri.

PRAMUKA2

Pada hari pertama, peserta kelas VII diajari untuk bekerja di dalam tim dengan cara menyambung tongkat pramuka menggunakan tali. Materi keterampilan pioneering (seni membuat sebuah struktur menggunakan tali dan tongkat) diajarkan untuk kelas VIII pada hari kedua. Dan pada hari terakhir, kelas IX diajak untuk belajar menyambung tongkat, membuat kaki tiga, dan membuat tandu.

Sebelum kami melakukan semua kegiatan tersebut, terlebih dahulu kami diajari membuat simpul tali. Ternyata, ada banyak jenis simpul tali, mulai dari yang mudah hingga rumit. Beberapa contohnya adalah simpul jangkar, simpul mati, simpul hidup, simpul delapan, ataupun simpul kembar. Pada saat sesi terakhir kegiatan pramuka, kami diminta untuk memberikan pendapat mengenai kegiatan ini. Kami mengharapkan agar kegiatan pramuka ini bisa diadakan pada setiap tahun.

Sukacita Bersama Menyambut Natal

Dalam rangka menyambut hari kelahiran Yesus Kristus, SMP Kristen Petra 5 mengadakan lomba Natal antarkelas. Perlombaan yang dilaksanakan pada tanggal 9–13 Desember 2019 ini, selain untuk meramaikan momen Natal, juga bertujuan meningkatkan kreativitas para siswa. Ada enam macam lomba yang dilaksanakan.

 
PERAYAAN_NATAL4.jpgPERAYAAN_NATAL8.jpgPERAYAAN_NATAL7.jpgPERAYAAN_NATAL2.jpgPERAYAAN_NATAL5.jpgPERAYAAN_NATAL.jpgPERAYAAN_NATAL3.jpgPERAYAAN_NATAL6.jpg

Lomba yang pertama adalah lomba membuat pohon Natal. Lomba ini mengajak para siswa untuk berkreasi dan lebih kreatif memanfaatkan bahan-bahan daur ulang. Keterampilan mereka ditunjukkan pada saat mereka mulai membuat pohon Natal yang berlokasi di ruang perpustakaan.

Kedua, lomba vocal group lagu Natal. Nyanyian Natal menyelimuti ruangan serbaguna SMP Kristen Petra 5. Di sinilah para peserta lomba menunjukkan bakat dan talenta mereka dalam bidang bernyanyi.

Ketiga, lomba bola basket dan bola voli. Lomba ini berjalan seru. Setiap anggota kelompok dituntut tampil prima dalam hal kemampuan fisik dan skil. Selain itu, mereka juga harus fokus dan memiliki mental kuat dalam pertandingan.

Keempat, lomba ance X’masD yang ditampilkan begitu menarik sehingga para siswa yang menonton sampai memenuhi lapangan tengah sekolah.

Kelima, lomba fashion show Santa Claus dan Pit hitam. Lomba ini mengharuskan para peserta menggunakan kostum layaknya Santa Claus dan Pit hitam versi Indonesia. Dengan membawa kantong berisi permen dan snack, Santa Claus membagikannya ke anak yang ditemuinya. Lomba ini sungguh menyenangkan.

Keenam, lomba menghias dan kebersihan kelas. Lomba ini mengharuskan para peserta membersihkan dan menghias kelas masing-masing dengan cantik dan indah. Setelah dihias dan tampak bersih, kelas akan dikunjungi oleh juri untuk penilaian. Setiap kelas berlomba-lomba untuk memenangkannya.

Semua lomba yang diadakan berjalan lancar dan meriah. Semoga lomba Natal ini diadakan setiap tahun dengan berbagai jenis lomba yang lebih seru dan menarik lagi. Selamat Natal!

boost the values reap the success