| |

Earth Day

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi, masyarakat Indonesia justru belum terlalu mengenal hari bumi sedunia. Untuk itu, banyak sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi mengadakan berbagai acara untuk memperingati hari bumi.

Tak terkecuali, SMP Kr Petra 5 ikut merayakan hari bumi sedunia yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 April 2015. Siswa-siswi Petra 5 secara bersama-sama menanam tanaman di lapangan sekolah. Untuk meramaikan acara, Petra 5 juga mengadakan lomba menghias pot dari barang bekas seperti botol/gelas, kaleng susu, paralon, dan sebagainya. Seluruh siswa-siswi Petra 5 beramai-ramai menanam tanaman ke dalam pot yang sudah mereka hias.

Peserta KIR IPA juga turut berpartisipasi dalam kegiatan hari itu dengan membuat pupuk kompos anaerob. Pupuk kompos anaerob terbuat dari campuran dedak, sekam padi, sampah daun, dan serbuk gergaji yang kemudian diberi starter, yaitu campuran air, ragi tape, dan gula atau garam. Kita juga bisa menggunakan EM7 (starter yang sudah jadi). Setelah diaduk rata hingga menggumpal, pupuk dimasukkan ke drum yang ditutup rapat dan didiamkan selama 6-7 hari. Proses tanpa oksigen inilah alasan mengapa disebut pupuk kompos anaerob. Pupuk kompos anaerob ramah lingkungan dan bisa digunakan untuk semua tanaman. Proses pembuatannya pun lebih cepat dan sederhana daripada pupuk kompos aerob.

Kegiatan PKK hari itu yang bertema “Bertanggung Jawab Atas Kebebasan“ sekaligus memperingati Hari Bumi diakhiri dengan persekutuan doa. Sebagai mandataris Allah, kita diberi kebebasan untuk memanfaatkan alam sekaligus tanggung jawab untuk memelihara alam itu. Cintailah bumi, cintailah alam, karena dari situlah sumber kehidupan kita!

earth_day3.jpgearth_day1.jpgearth_day2.jpg

boost the values reap the success