| |

Great LOS 2015 

Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba. Libur yang panjang sudah lewat dan siap untuk melaksanakan tugas, seperti itulah pikiran kami menjelang Layanan Orientasi Siswa (LOS) tahun ajaran 2015-2016 yang bertajuk “To be A Human for And with the Others”. Tiga hari yang melelahkan tapi juga menyenangkan dan wajib sebagai pengurus OSIS melaksanakan tugas ini.

Hari pertama, 27 Juli 2015, sekitar 253 siswa kelas VII datang ke sekolah SMP Kristen Petra 5. Tidak hanya siswa saja yang datang, namun beberapa orang tua juga turut serta menghadiri acara LOS. Hari pertama upacara pembukaan LOS 2015/2016, perwakilan orang tua menyerahkan anaknya secara simbolis sebagai bentuk kepercayaan orang tua kepada sekolah dalam mendidik serta membimbing siswa. Sebelumnya, kegiatan LOS dibuka terlebih dahulu melalui video distribusi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Petra, pujian “Terima Kasih Tuhan”, serta renungan yang disampaikan oleh guru Agama.

Setelah upacara pembukaan LOS, siswa kelas VII dibagi dalam menjadi dua kelompok. Kelompok 1 (kelas VII-1 s.d. VII-4) diajak berkeliling untuk mengenal lingkungan sekolah baru mereka dalam acara “Wiyata Mandala”. Kelompok 2 (VII-5 s/d VII-7) berada di dalam kelas, untuk mengikuti acara perkenalan bersama OSIS dan wali kelas. Mereka terlihat antusias sekali dalam permainan tersebut. Kami pengurus OSIS juga mengajak bernyanyi theme song LOS sebagai motivasi peserta dalam mengikuti serangkaian acara LOS ini. Awalnya mereka malu-malu, tetapi lama kelaman mereka percaya diri ikut bersemangat dalam bernyanyi. Selain itu terdapat juga acara pengenalan kurikulum, tata tertib, dan perpustakaan. Akhir kegiatan LOS hari pertama, ditutup dengan menyanyikan lagu daerah “Ampar-ampar Pisang” dan doa melalui sentral.

Hari kedua, 28 Juli 2015, adalah hari yang sehat. Sekolah mengundang kembali untuk orang tua turut serta dalam acara LOS ini yaitu Social Gathering. Pagi hari setelah renungan melalui sentral, kami bapak/ibu guru, OSIS, orang tua, dan siswa kelas VII melakukan senam pagi yang dilanjutkan jalan sehat berkeliling kompleks. Kemudian acara dilanjutkan dengan Bazar Peduli Kasih. Selain banyak makanan dan minuman yang segar, tujuan utuma dari kegiatan ini adalah membantu siswa yang kesulitan dalam pembayaran uang sekolah.

Para siswa juga diajarkan untuk membuat kompos dari daun kering dan membersihkan lingkungan sekolah dengan alat-alat yang mereka bawa, setelah beristirahat menikmati bazaar. Siswa kelas VII diajak untuk berkreasi menciptakan sesuatu yang berguna dari lingkungan serta menjaganya seperti rumah kedua mereka. Ceramah BK tentang ”Sukses Belajar dan Bergaul di SMP”, juga diberikan oleh guru BK untuk siswa kelas VII agar mereka siap dalam menjalani masa remaja didunia SMP. Diakhir kegiatan, kami menyanyikan lagu daerah yaitu “Gundul-gundul Pacul” dan ditutup dengan doa melalui sentral.

Rabu, 29 Juli 2015, merupakan hari terakhir LOS 2015/2016, dimana siswa kelas VII menampilan yel-yel karakter kelas dan bakat. Sebelumnya, para siswa diajak untuk menempelkan kartu-kartu yang berisi komitmen, usaha, dan cita-cita mereka yang disebut dengan “Move On”. Tujuan dari Move On ini sebagai sarana dalam merefleksikan dirinya selama 3 tahun bersekolah di SMP Kristen Petra 5. Akhir acara, ada pemilihan King and Queen LOS, mereka terpilih karena memiliki sikap yang baik serta keaktifannya dalam acara LOS selama tiga hari dan ditutup dengan ibadah awal tahun ajaran 2015/2016.

Acara LOS tahun ini ditutup dengan satu kegiatan yaitu Bakti Sosial yang dilaksanakan Sabtu, 1 Agustus 2015. Perwakilan tiga siswa dari pengurus OSIS membagikan Baksos tersebut ke Panti Asuhan Kasih Agape daerah Pakis Gunung Surabaya. Anak-anak disana sangat lucu, mereka mengajak kami bermain dan berfoto-foto narsis. Sangat melelahkan, tetapi LOS kali ini sangat seru dan menyenangkan. Kami berharap LOS tahun depan akan lebih seru lagi!!!

los7.jpglos8.jpglos3.jpglos5.jpglos6.jpglos1.jpglos4.jpglos2.jpg

boost the values reap the success