| |

70 Years and Still Counting

Hei sobat! Kalian pasti tahu kan, beberapa hari yang lalu kita baru saja merayakan HUT RI yang ke 70. Kali ini, kami ingin berbagi sedikit pengalaman tentang apa saja kegiatan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2015, kami melakukan berbagai macam kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Pagi hari sebagian siswa berbaris di tengah lapangan dengan membentuk angka 70 sebagai simbol usia negara Indonesia dan siswa lainnya berdiri mengelilingi lapangan. Seluruh siswa beserta bapak dan ibu guru memakai baju bernuansa merah dan putih sebagai simbol warna bendera. Kami melakukan ibadah sebagai ungkapan syukur kami untuk negeri tercinta Indonesia. Setelah kegiatan pembukaan tersebut selesai, kami langsung mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan oleh sekolah. Ada lomba air dan spons, menghias tumpeng, rally of four (memindahkan kelereng, meletuskan balon, memasukkan paku dalam botol, nyunggih tempeh), estafet sarung, serta lomba desain grafis.

Lomba air dan spons dilaksanakan di halaman depan sekolah. Setiap anggota harus bisa bekerja sama dengan anggota kelompok yang lain untuk memindahkan spons yang basah ke belakang untuk diperas airnya kemudian dimasukan kedalam botol. Setelah diperas, spons dipindahkan secara bergilir ke anggota yang berada di posisi paling depan untuk dicelupkan ke dalam timba yang telah terisi air sehingga spons kembali basah, begitupun seterusnya.

Di lomba menghias tumpeng, peserta harus bisa menghias tumpeng sekreatif mungkin. Tentunya tidak boleh lepas dari tema kemerdekaan. Selain menggunakan tumpeng, ada beberapa kelompok yang menggunakan berbagai macam kue kemudian di hias dengan krim, buah-buahan, coklat, dan lain-lain. Setelah juri selesai memberi penilaian, setiap kelompok bisa membawa kue dan tumpeng yang sudah dihias ke kelas mereka masing-masing untuk di makan bersama dengan teman-teman mereka.

Kemudian ada lomba rally of four, permainan ini dibagi menjadi 4 tahap. Setiap jenjang kelas ditentukan satu pemenang. Lomba ini memang sering dilakukan saat perayaan hari kemerdekaan Indonesia dan Banyak sekali siswa yang tertarik untuk mengikuti lomba rally of four ini.

Estafet sarung adalah kegiatan memindahkan sarung secara bergilir dari satu orang ke orang yang lain. Setiap peserta harus bergandengan tangan dan kaitan tangan itu tidak boleh lepas sebelum sarung sampai ke peserta terakhir. Peserta harus bisa bekerja sama dengan baik karena kunci utama dari lomba ini adalah kekompakan dan kecepatan.

Yang terakhir yaitu lomba desain grafis, peserta lomba ini rata-rata adalah siswa yang mengikuti Excellent Life Skill (ELS) desain grafis. Mereka harus ahli dalam menggunakan teknologi dan juga aplikasinya. Jadi setiap peserta harus mendesain poster sebaik mungkin dengan tema kemerdekaan. Kreatifitas dan keahlian sangat dibutuhkan dalam lomba ini.

Itulah keseruan perayaan kemerdekaan RI yang dilaksanakan di sekolah kami. Biarlah semangat para pejuang bisa kami contoh melalui sportifitas dalam mengikuti perlombaan ini.

Lomba4.jpgLomba6.jpgLomba3.jpgLomba1.jpgLomba5.jpgLomba2.jpg

boost the values reap the success