| |

Kenali Sekolah Barumu !!
Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP Kristen Petra 5 Surabaya

pls_05.jpgpls_04.jpgpls_03.jpgpls_06.jpgpls_01.jpgpls_02.jpg

Sebelum masuk sekolah untuk pembelajaran efektif, SMP Kristen Petra 5 Surabaya memberikan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Sebelumnya PLS ini dikenal dengan nama Layanan Orientasi Siswa (LOS).Siapa yang mengikutinya ? Tentu saja semua siswa didik baru kelas tujuh bersama Wali Kelas dan kakak-kakak OSIS. Mereka mengikuti kegiatan PLS ini diadakan tanggal 18 hingga 20 Juli 2016. Selama itu juga mereka dapat mengenal kawan baru dan juga mengenal isi sekolah ini.

Hari pertama menjadi awal yang baru, upacara pembukaan PLS diadakan di kelas dan dipandu melalui central. Mengapa ? Karena pagi hari kawasan sekolah sudah dibasahi oleh hujan sehingga kami tidak bisa upacara. Jadwal hari senin ini adalah wawasan wiyata mandala dan ceramah kurikulum dan kesiswaan. Wawasan wiyata mandala diadakan secara bergiliran, dalam kegiatan ini anak-anak kelas tujuh dipandu dengan kakak OSIS dan guru-guru berjalan mengelilingi sekolah dan mengisi denah di buku panduan. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengenal letak setiap ruangan di sekolah ini. Setelah puas mengelilingi sekolah, kami pergi ke ruang serbaguna untuk mengikuti ceramah kurikulum dan kesiswaan berasama Pak Trianggo dan Pak Akwila. Di akhir acara, beberapa siswa dipilih untuk mewakili kelas mengisi acara talent show, dimana para siswa dapat menunjukan bakat yang mereka miliki.

Kalau hari senin kami mengenal isi sekolah, di hari kedua ini kami akan menyehatkan tubuh dan menjaga lingkungan sekolah. Semua siswa dengan pakaian olahraga mengikuti jalan sehat bersama di pagi hari sesudah ibadah. Rute perjalanan kali ini adalah keliling kompleks perumahan Jemursari. Setelah lelah mengikuti jalan sehat, semua siswa mendapat konsumsi. Kami bersama-sama makan di lapagan sambil melihat penampilan dance dari kakak-kakak kelas. Lalu, kami megikuti acara kerja bakti. Kami diminta membersihkan kelas, mengecat berem dan membuat pupuk kompos. Semuanya sudah dibagi perkelompok. Di pembuatan kompos para siswa bersama kakak OSIS memotong daun-daun yang sudah dibawa. Setelah itu, kami menyatukannya dengan rabuk yang sudah disediakan sekolah. Dalam mengecat berem, para siswa diajak untuk mengecat setiap sisi taman sekolah agar terlihat lebih asri. Yang di kelas juga membersihkan kelas agar terlihat bersih. Mulai dari mengelap kaca hingga menyapu ruangan, semua dilakukan bersama. Melalui hal ini, para guru mengharapkan agar siswa dapat mencintai kelasnya. Sesudah bersih-bersih, para siswa ganti baju dengan baju batik. Kami mengikuti ceramah bersama Bu Emil. Beliau memberikan tips-tips tentang cara berlajar dan cara bergaul antar teman. Setelah ceramah itu, kami berlatih talent show untuk bisa memberikan yang terbaik. Tanpa terasa berakhir sudah hari kedua kegiatan PLS.

    Hari ketiga sebagai hari terakhir dari kegiatan PLS tahun ajaran ini. Diawali dengan pencatatan jadwal pelajaran, kemudian kami berlatih untuk persiapan talent show. Setelah berlatih, kami bersiap-siap menuju gereja untuk ibadah awal tahun dan menampilkan talent show dari setiap kelas. Dalam acara talent show di gereja, banyak siswa yang menunjukkan bakat mereka. Mulai dari modern dance, band, bahkan vocal group, semua ada di sini. Setelah talent show, sekolah memilih king and queen PLS dari tiap kelas. Dan akhirnya, pihak sekolah memilih satu King and Queen diantara semua perwakilan kelas yaitu Ryan (7.6) dan Joceline (7.4). Setelah pemilihan para siswa kelas 7 mengikuti ibadah awal tahun ajaran secara bersama. Selesai ibadah, berakhir sudah kegiatan PLS tahun ajaran 2016-2017. Salam TRAVEJES !!! (yoan)

Oleh : Yoan Riza Nataya ( IX.4 / 36 )

 

boost the values reap the success