| |

BERKARAKTER DAN BERPRESTASI BERSAMA TRAVEJES (LOS 2018/2019)

        Pertemuan pertama kami dengan teman-teman kelas 7 adalah pada hari Jumat tanggal 13 Juli 2018, namun pada hari itu kami hanya melaksanakan kegiatan pra-LOS. Di hari itu, kami memulai hari dengan apel pagi kemudian memberitahu teman-teman kelas 7 tentang barang apa saja yang harus dibawa di hari pertama LOS.
Inilah hari yang kami semua tunggu-tunggu yaitu, hari pertama Layanan Orientasi Siswa di Petra 5. Dengan disambut oleh beberapa guru dan anggota OSIS, senyum sumringah dari para murid baru mulai terlihat. Penyambutan siswa baru ini juga merupakan salah contoh pelaksanaan school culture yang ada di Petra 5 ini yaitu, 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun). Hari pertama ini dimulai dengan melaksanakan ibadah pagi lewat sentral kemudian kami semua melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh 222 murid baru, anggota OSIS serta guru maupun karyawan, upacara ini berlangsung dengan lancar dan khimat. Setelah itu, anggota OSIS mengajak teman-teman kelas 7 untuk saling mengenal satu sama lain dengan media game ice breaking di masing-masing kelas, dilanjutkan dengan penulisan komitmen oleh para siswa dan pelatihan talent show yang akan dilaksanakan di hari terakhir. Hari pertama LOS ditutup oleh ibadah penutupan oleh sentral.

        Tak kalah serunya dari hari pertama, hari kedua ini murid-murid baru kelas 7 diajak untuk melaksanakan jalan sehat dengan rute perumahan Jemur Handayani untuk mengenali lingkungan sekitar Petra 5. Tak cukup jalan sehat, murid-murid kelas 7 juga diajak untuk makan makanan sehat yaitu, gado-gado. Sambil menyantap makanan, para murid-murid juga dipertunjukan tentang apa saja talenta-talenta yang Pera 5 miliki. Mulai dari pertunjukkan tarik suara sampai ke tari tradisional yang tak kalah apiknya. Tujuan dari penampilan talenta ini adalah supaya murid-murid kelas 7 baru bisa memiliki kemampuan untuk mengembangkan bakatnya di Petra 5 bersama-sama. Siswa kelas 7 juga diajak untuk melaksanakkan penghijauan di lingkungan Petra 5 dengan menanam berbagai macam tanaman hias. Setelah itu para siswa kembali bermain game dalam kelas dan kegiatan pendalaman P-E-T-R-A kemudian selanjutnya adalah kegiatan Meet with Mr. TRAVEJES.
        Wah..tak terasa sudah menginjak di hari yang terakhir, setelah ibadah pembukaan, siswa kelas 7mulai membentuk pengurus kelas dan mencatat jadwal pelajaran. Setelah itu siswa kelas 7 menempelkan kartu komitmen yang sudah mereka buat. Persiapan talent show dari tiap kelas sudah dimatangkan dan dipermanis. Gladi kotor dan gladi bersih kami lakukan untuk menghindari grogi ketika tampil. Dan waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Jam 10.50 kami sudah berjalan menuju ke gerja dan kebaktian awal tahun dimulai pada pukul 11.10. Setelah kebaktian selesai pada jam 12.10 semua dari kami mulai terasa deg-deg an. Anggota OSIS pendamping kelas tak kalah merasa deg-deg an nya. Semua tampil berdasarkan nomor urutan yang sudah ditentukan. Tahun ini talent shownya sangat beragam dan semua tampil dengan apik, ada yang mementaskan drama musical, pantomime, gerak dan lagu, band sampai ke dance maupun tari tradisional. Namun harus ada yang satu yang dipilih dari semuanya. Dan di akhir, akan diumumkan semua pemenang, dari Talent Show terbaik, Best Student dari masing-masing kelas dan adanya King & Queen Of LOS 2018.
Walaupun mungkin banyak kendala dan rintangan dalam kegiatan LOS tahun ini tapi puji Tuhan, kami semua dapat melewatinya dengan sangat baik. Dan terima kasih juga atas bantuan dari para guru karyawan maupun teman-teman OSIS yang sudah turut berpartisipasi.
                                                                                                                                                                                                                                   Oleh : Olivia Fernanda Sukianto

 

 

 

boost the values reap the success