| |

Aku dan HUT RI-ku

17 2.JPG17 6.JPG18 8.JPG17 4.JPG17 5.JPG17 3.JPG17.JPG17 7.JPG

Setelah ratusan tahun terjajah, Indonesia pun merdeka. Ada yang bersuka dan ada pula yang berduka kala itu. Gugur dalam perang bukan kalah terdapat lawan, melainkan menjadi pahlawan. Semangat para pejuang dan besar cintanya terhadap tanah air itulah yang mendasari mereka untuk rela berkorban demi bangsa. Hal itu juga yang kemudian mendasariku untuk turut berperan aktif dalam peringatan HUT RI ke-73 di SMP Kristen Petra 5.
Mentari pagi mengintip, pertanda hari baru pun tiba. Kamis, 16 Agustus 2018, merupakan hari yang kutunggu. Aku beranjak dari tempat tidur, melakukan aktifitas pagi, dan berangkat ke sekolah. Semangat empat limaku muncul dan kesenanganku meledak-ledak. Bagaimana tidak? Hari ini sekolahku mengadakan perayaan HUT RI dan kami semua terlibat.

Kegiatan sekolah pun dimulai. Seperti biasa, diawali oleh ibadah melalui sentral. Setelah itu siswa-siswi utusan kelas diminta turun ke lapangan untuk foto dengan formasi 73. Sesuai dengan umur Indonesia saat ini. Lalu dilanjutkan dengan drama dari OSIS yang memparodikan kejadian pada masa penjajahan. Ditutup dengan pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno. Suasana lapangan saat itu, membuatku seakan menjelajah ke zaman lampau serta turut merasakan penjajahan tersebut. Sungguh bagus penampilan mereka.

 

Setelah Opening Ceremony berakhir, barulah kami berpencar ke lokasi lomba kami masing-masing. Ada 8 hal yang diperlombakan, antara lain drama musikal, vokal grup, fashion show dengan kostum pahlawan, GP karung, bola sarung, perang kelereng, peluang karet, dan juga senam maumere. Semua siswa di masing-masing kelas memiliki peranannya sendiri-sendiri. Kami semua terlibat dalam lomba tersebut. Dan aku ikut lomba vokal grup. Banyak sekali penampilan menarik dari kelas-kelas lain. Tentunya kelasku tak kalah.

Tak terasa hari sudah siang. Nampaknya semua lomba sudah selesai, sehingga semua siswa diminta kembali ke lapangan. Eits..... bukan di tengah lapangan. Kami berada di bibir lapangan yang tentunya tempatnya teduh. Sebuah penampilan indah kembali diberikan untuk kami. Tim dance menampilkan kebolehannya. Kami, para penonton, menjadi semangat kembali. Pengumuman pemenang lomba pun dibacakan setelahnya. Dan hari kami berakhir dengan begitu indah.

Tak berhenti sampai di situ saja, esoknya, 17 Agustus 2018, kami melakukan upacara bendera di sekolah. Upacara tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas VII dan pada saat itu SMA Kristen Petra 5 juga ikut bergabung bersama kami.

Inilah rangkaian kegiatan yang aku dan teman-teman lakukan. Bukan sebuah pengorbanan besar, melainkan penghayatan atas setiap perjuangan yang telah diberi oleh para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selamat Ulang Tahun Indonesiaku !!!! Jayalah selalu.....

Oleh: Eunika Obedient D.

 

boost the values reap the success