| |

TIGA HARI BANYAK KENANGAN

HALLO, SEMUANYA! Mau tanya nih, masih inget zaman kalian ikut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) nggak? Atau mungkin kalian nggak tahu apa itu MPLS? Kalau misal tidak tahu, yuk disimak kisah kami berusaha saling mengenal selama tiga hari mengikuti MPLS tahun ini di SMP Kristen Petra 5 yang bertemakan “Educate Yourself”!

Hari pertama MPLS, Senin 15 Juli 2019, dimulai dengan renungan pagi melalui video distribusi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta renungan yang disampaikan oleh guru Agama. Setelah renungan pagi berakhir, para siswa mengikuti upacara pembukaan kegiatan MPLS. Pagi itu, matahari sangatlah terik tapi tidak mengapa, upacara tetap berjalan dengan khidmat. Setelah upacara pembukaan, para siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 (kelas VII-5 s/d VII-7) langsung mendapatkan pengarahan dari kepala sekolah tentang potensi sekolah di ruang serba guna.

Acara dilanjutkan dengan Wawasan Wiyata Mandala oleh bapak/ibu guru dengan secara langsung melihat ruangan-ruangan yang ada di SMP Kristen Petra 5. Sedangkan kelompok 2 (kelas VII-1 s/d VII-4) mengikuti ice breaking bersama guru kelas dan juga OSIS yang mendampingi. Kegiatan menarik tidak hanya terjadi selama sesi tetapi juga pada saat istirahat. Siswa baru menggunakan waktu istirahat untuk lebih mengenal bapak/ibu guru dan kakak pengurus OSIS dengan berburu tanda tangan. Kegiatan hari itu berakhir dengan latihan talent show dimasing-masing kelas.

Selasa 16 Juli 2019, para siswa baru tampak mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya di hari kedua MPLS ini. Beberapa siswa baru terlihat sedang berbincang bersama sebelum bel masuk berbunyi. Jika hari pertama para siswa diajak untuk mengenal lingkungan sekolah, hari ini para siswa diajak untuk mengenal lingkungan disekitar sekolah. Kami semua berjalan sehat mengitari kompleks sekolah. Tidak hanya berjalan, kami juga diajak untuk lebih peduli dengan lingkungan dengan cara memungut sampah yang ada di sepanjang jalan yang kami lewati.

Selain memungut sampah, sesampainya di sekolah kami juga menanam bibit pohon sebagai salah satu aksi go green. Setelah mengikuti fun walk dan go green, kami menikmati makanan sehat yang telah disediakan. Agenda hari ini dilanjutkan dengan pengarahan dari guru Bimbingan Konseling tentang bagaimana kami menyesuaikan diri di SMP. Hari kedua memang cukup melelahkan, namun kami dapat belajar banyak hal dan menjadi semakin lebih akrab.

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Rabu, 17 Juli 2019 adalah hari dimana siswa baru akan menunjukkan kebolehannya melalui talent show. Hari ini diawali dengan renungan pagi dari sentral seperti hari-hari biasanya. Dilanjutkan dengan pembentukan pengurus kelas dan pencatatan jadwal pelajaran. Lalu bersama-sama para siswa melaksanakan ibadah awal tahun ajaran di GKI Jemursari. Akhir acara, ada pemilihan King and Queen MPLS dan ditutup oleh talent show dari masing-masing kelas. Musikalisasi puisi, drama, dance, dan vocal group merupakan tampilan yang telah dipersiapkan mereka selama tiga hari terakhir ini. Itulah rangkaian dari seluruh kegiatan MPLS tahun ajaran 2019/2020. Menyenangkan sekali MPLS kali ini! Hahahaha. Kami berharap MPLS tahun depan lebih seru lagi!!! (auk)

 
_MG_0369.jpgIMG_7027.jpgIMG_0499.jpgIMG_0417.jpgIMG_0579.jpgIMG_0463.jpgIMG_0490.jpg_MG_0179.jpg
boost the values reap the success