| |

MPLS Daring Tanpa Garing

poster mplsPembelajaran tahun ajaran baru 2020 -2021 siap dimulai. Sekolah mulai segala aktivitas rutin awal tahun ajaran. Diantaranya adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  ( MPLS ) bagi siswa baru. Hal ini juga menjadi sesuatu yang baru bagi sekolah, mengingat MPLS harus dilakukan dengan daring.

Demikian halnya dengan SMP Kristen Petra 5 Surabaya, yang memiliki jargon “TRAVEJES, Yes We Can”. Kegiatan MPLS dengan tema Downright , Active, Religious, Innovative , New Generation ( DARING ) akan dilaksanakan 13 Juli – 15 Juli 2020. Harapannya siswa baru dengan pembelajaran daring menjadi generasi baru yang tangguh, aktif, inovatif dan religius. Sebagai awal kegiatan, Jumat 10 Juli 2020 sekolah mengundang orang tua dan siswa baru via zoom untuk berkenalan dengan wali kelas dan mentor. Bisa dibayangkan ribetnya … . siswa yang baru lulus SD diajak ber “zoom” ria bersama orang tua. Ada banyak kendala yang harus dihadapi, diantaranya sinyal tidak stabil, belum bisa menggunakan zoom, tidak punya gawai sendiri dan yang lainnya.

Senin , 13 Juli kegiatan diawali dengan ibadah dan pengenalan lingkungan sekolah. Dari tayangan video,  siswa baru diperkenalkan dengan ruang-ruang yang ada di sekolah, tak ketinggalan dikenalkan pula  bapak ibu guru pengajar. Hari kedua siswa diperkenalkan dengan kurukulum dan tata terib sekolah. Pentingnya kurikulum pada masa New Normal ini, orang tua diundang hadir untuk dapat memahami dengan benar. Pada hari terakhir, Rabu 15 Juli siswa diajarkan cara mengaplikasikan Learning Management System ( LMS ) yang akan diterapkan di sekolah. Mulai dari membuat akun, login , cara belajar dan melaksanakan tes .

Agar siswa baru nantinya benar-benar menjadi DARING , siswa diberikan tugas untuk membuat video. Video pertama tentang Respect Advance Internalize Share Empower ( RAISE )  diwujudkan dalam kegiatan yang dilakukan siswa di rumah. Video kedua dengan tema “My New Normal My commitment “ yakni video komitmen siswa selama menjadi siswa di SMP Kristen Petra 5.

 

Tentu bukan perkara mudah, bagi siswa, guru, sekolah maupun orang tua dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi. Saling bekerja sama dan bersinergi menjadi kunci keberhasilan setiap kegiatan. Semoga dalam kegiatan MPLS DARING semua kendala dapat diatasi dengan baik. BRAVO  MPLS DARING,  BRAVO TRAVEJES . GBU All.  (CiCi P5)     

boost the values reap the success