| |

AKSI dalam Beraksi pada Bulan Bahasa

Hai shalom semuanya, apa kabar?

Semoga dalam kabar yang baik-baik saja ya…

Kenalkan, nama saya Quinnetta.

Saya adalah salah satu siswi di SMP Kristen Petra 5 yang kini menduduki bangku kelas 7. Hari ini saya akan berbagi kisah tentang kegiatan yang baru saja berlangsung di sekolah tercinta ini. AKSI, begitulah tema untuk kegiatan Bulan Bahasa yang akan saya ceritakan saat ini. Tidak hanya mengandung sebuah arti mengenai ‘gerakan, tindakan, ataupun sikap’ seperti yang tertuang dalam KBBI saja, kata aksi juga mengandung sebuah akronim di dalamnya, antara lain:

A untuk antusias
K untuk kreatif
S untuk solider
I untuk integritas

 
Image_004.jpgImage_005.jpgImage_001.jpgImage_003.jpgImage_006.jpgImage_002.jpg

Bulan Bahasa ini tentunya diselenggarakan secara daring, namun hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusias kami dalam mengikuti acara. Siswa-siswi di sini tetap dapat menunjukan dan menampilkan bakat yang mereka punyai loh! Ada beberapa rangkaian acara yang berlangsung kala itu loh, seperti, pelantikan pengurus Osis, Koordinator PD, dan icon sekolah, kegiatan talkshow seputar protokol kesehatan bersama dokter sekolah, pemutaran film pendek, tampilan dari tim dance sekolah, tampilan dari Bapak/Ibu Guru Pengajar Bahasa, dan tak ketinggalan ada pula beberapa perlombaan di bidang bahasa.

Akan saya ceritakan secara sekilas untuk lomba-lombanya yaa…. Yang pertama ada lomba vokal grup. Nah, di lomba ini pesertanya diminta untuk menyanyi dan main musik menggunakan lagu nasional namun dengan menggunakan Bahasa Mandarin. Semua peserta tampak dengan semangat dalam mengikutinya. Hal ini terlihat dari upaya mereka untuk tetap dapat menyatukan keharmonisan dan keindahan lagu sekalipun dalam kondisi jarak jauh seperti ini. Gimana keren, kan?...

Eh wait… ada yang gak kalah keren juga! Selanjutnya di lomba kedua ada lomba dongeng. Lomba ini meminta pesertanya untuk menceritakan dongeng atau cerita rakyat dengan menggunakan Bahasa Jawa. Hehe.. menarik menurut saya. Dan ternyata benar, mereka tampil dengan begitu luar biasa, keren dan totalitas. Ada yang sampai memakai baju daerah agar cerita tersebut dapat lebih terlihat menarik, loh guys. Bahkan mereka pun tidak lupa menyiapkan properti penunjang ceritanya.

Di lomba yang ketiga, ada lomba poster digital. Di sini kita membuat poster yang berisi tentang budaya sekolah yang ada di sekolah kita, seperti 5S, 5 kata ampuh, SADAR, RIASE, dan tidak ketinggalan juga poster mengenai protokol kesehatan. Poster yang dibuat keren-keren loh, juga tampil dengan sangat kreatif.

Lomba keempat, ada lomba cerdas cermat. Kalau ini menurut saya adalah lomba yang paling susah, karena kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan di semua bidang bahasa yang diajarkan di sekolah ini. Tapi luar biasa, para pesertanya hebat-hebat, mereka bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan benar. Gimana guys, selain kreatif dalam bidang seni, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 juga jago kan dalam bidang pengetahuan.

Yuk kita lanjut ke lomba selanjutnya. Siapa di sini yang anak Tiktok, hayoo?? Bapak/Ibu panitia tidak mau ketinggalan untuk yang ini. Bulan Bahasa kali ini, juga menggunakan Tiktok dalam perlombaannya. Jadi, di lomba Tiktok ini, para pesertanya diminta untuk membuat semacam promosi atas apa saja yang ada di sekolah ini. Judul lombanya, My School Check. Dari judulnya saja, sudah bisa tertebak kalau menggunakan Bahasa Inggris. Dan kali ini, kita juga belajar bahwa aplikasi yang sedang booming ini, ternyata juga bisa dibuat untuk hal-hal yang positif dan mendidik tentunya.

Dan yang sangat spektakuler adalah lomba yang terakhir. Lomba sayembara logo SMP Kristen Petra 5. Eiiitttsss.. untuk yang ini tidak akan saya ceritakan sekarang ya guys. Tunggu cerita dari kami, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5, pada bagian yang selanjutnyaaaa….

Mengutip kata-kata dari podcast Bulan Bahasa yang ada di channel Youtube SMP Kristen Petra 5, “Duduk di kursi, ukir prestasi.”

 

Terimalah salam semangat kami,

Warga Travejes          

boost the values reap the success