| |

Open House & Bridging The Future

Shalom teman-teman semua. Di masa pandemi seperti ini, Open House merupakan kegiatan yang bisa dibilang cukup sulit untuk diadakan. Tetapi SMP Kristen Petra 5 tetap mengadakan Virtual Open House yang bertemakan 'Be The Shine in Our Own Way'. Pada hari Selasa, tepatnya tanggal 8 Juni 2021, SMP Kristen Petra 5 sempat mengadakan acara Open House dan dimeriahkan dengan adanya panggung boneka. Tidak hanya panggung boneka, ada banyak sekali acara-acara lainnya seperti praktikum, kedatangan bintang tamu, serta penampilan bakat dari siswa dan siswi SMP Kristen Petra 5. Di dalam panggung boneka ini terdapat 4 tokoh yang bernama Pinky, Wendy, Pacca, dan juga Elena. Mereka memiliki pertemanan yang sangat seru dan juga menyenangkan untuk diikuti kisahnya. Panggung boneka ini mengisahkan tentang bagaimana kisah 4 serangkai ini datang untuk melihat betapa bagus dan berbakatnya para siswa-siswi SMP Kristen Petra 5.

Di acara Open House tahun ini, kami menampilkan berbagai bakat-bakat yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP Kr. Petra 5. Baik itu talenta yang ada di bidang akademis ataupun non-akademis. Setiap siswa pasti memiliki talenta di dalam dirinya. Hanya saja beberapa dari mereka masih malu ataupun tidak mau mengembangkannya. Namun, di SMP Kristen Petra 5 kami ingin membantu dengan menfasilitasi para murid agar dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki dan akhirnya mereka dapat menjadi berkat bagi orang lain serta dirinya sendiri. Seperti contohnya ada Tasya yang jago nge-dance menjadi pemenang di suatu lomba dance yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 5. Lalu juga ada Marco yang pintar dalam bermain alat musik khususnya gitar dan menjadi pemenang di lomba yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 5 juga, Josephine dengan bakatnya melukis menghasilkan lukisan yang sangat indah.

OH_6.jpegOH_3.jpegOH_2.jpegOH_4.jpegOH.jpegOH_5.jpeg

Salah satu kegiatan kami dengan mengadakan fun learning and Interactive Learning dengan melakukan berbagai percobaan science. Kami mengadakan kegiatan ini agar dapat menambah pengetahuan dan minat teman-teman yang bergabung di Open House SMP Kristen Petra 5 saat itu. Kegiatan fun learning menjadi semakin meriah disertai dengan kedatangan Mr. D dan kedua asistennya. Di saat praktikum Gelas Bernada, kami memainkan alunan lagu “Si Semut Yang Kecil” menggunakan gelas yang sudah diisi dengan air. Sangat menarik bukan? Kami bersenang ria dan bergembira bersama dengan seluruh participants yang ada di zoom saat itu. Kegiatan selanjutnya kami mencampurkan air yang ada di botol air mineral dengan betadine, lalu kami menambahkan sebuah komponen rahasia. Tiba-tiba larutan betadine tersebut menjadi bening seperti semula. Bagaimana bisa? Semua terkejut saat melihat hal itu namun ternyata itu merupakan Uji Vitamin C yang diakibatkan oleh adanya reaksi redoks. Kami juga mengadakan Science Quiz yang berhubungan dengan praktikum Gelas Bernada dan Uji Vitamin C. Semua sangat antusias dalam menjawab Science Quiz ini. Banyak dari mereka menjadi paham mengapa gelas yang diisi air bisa menghasilkan nada musik dan mengapa larutan betadine itu menjadi bening seperti semula. Acara dilanjutkan dengan penampilan bintang tamu yang juga turut memeriahkan acara Open House yaitu Celine & Nadya. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyanyi ini? Celine & Nadya membawakan lagu mereka yang berjudul “Lugu.” Suara tepuk tangan terdengar meriah, seluruh participants terlihat menikmati penampilan Celine & Nadya.

Ada sebuah kutipan menyatakan demikian “Hidup ini bercerita bukan tentang kita   memiliki bakat atau tidak. Tapi bercerita tentang apakah kita memanfaatkan bakat kita atau tidak.” Selain sebagai acara promosi sekolah, melalui Open House yang SMP Kristen Petra 5 adakan ini, kita juga diajak memaksimalkan seluruh talenta dan minat yang kita miliki dan terutama juga mengembangkannya. Zaman modern seperti ini, banyak anak muda menjadi malas untuk mengembangkan bakat yang mereka punya. Edukasi seperti ini bisa membuka mata para generasi muda agar bisa mengembangkan talenta yang mereka punya dari Tuhan sebagai ucapan syukur kita. SMP Kristen Petra 5 bukan hanya ingin mempromosikan sekolahnya melalui berbagai penampilan acara dan pembelajaran yang ditampilkan, namun juga mengedukasi kepada kita, melalui anak anak berbakat yang SMP Kristen Petra 5 miliki mengajarkan para generasi muda agar bisa mengembangkan talenta mereka. Sungguh menyenangkan acara Open House ini. Semua orang terkadang merasa tertawa saat melihat panggung boneka. Terkadang juga mereka fokus mengikuti praktikum yang diajarkan. Dan terutama mendapatkan satu pembelajaran penting, yaitu talenta berapapun yang kita miliki, kita harus menggunakan dan memanfaatkannya agar dapat menguntungan bagi kita dan juga orang lain. Acara open house rasanya cepat berlalu, kami semua masih ingin melihat 4 tokoh boneka yang lucu dan juga talenta siswa siswi SMP Kristen Petra 5. Kami akan terus berharap akan ada open house lagi tahun depan, sehingga bisa terus mengedukasi kami. Travejes, yes we can! (Jocelyn Gracia P5)

 

boost the values reap the success