| |

Membangun Siswa Berkarakter Melalui Pramuka

Salam pramuka!!! perkenalkan kami dari OSIS travejes ingin bercerita mengenai kegiatan pramuka yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 5. Walaupun kegiatan pramuka diadakan secara online, acara pramuka kali ini tidak akan kalah seru dengan kegiatan pramuka yang dilakukan saat offline. Kegiatan pramuka disekolah kami diadakan selama dua hari tepatnya  pada tanggal 7 dan 11 Juni 2021. Dengan adanya gerakan pramuka membentuk pribadi para siswa-siswi menjadi semakin cinta tanah air, terampil, dan bertanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa di masa depan. Kami memilih “Tunas Bangsa Yang Berkarakter” untuk dijadikan tema kegiatan pramuka kami. Melalui tema ini kami mengharapkan agar siswa-siswi dapat memahami pramuka lebih dalam lagi dan dapat semakin memperdekat tali persaudaraan antar siswa. Mulai dari ada permainan menebak potongan gambar, menebak lirik lagu pramuka, dan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu yaitu treasure hunt game.

P4.jpegP1.jpegP5.jpegP2.jpegP3.jpegP6.jpeg

Kegiatan pramuka kali ini sangat menarik dan pastinya sangat seru dan akan menggugah semangat pramuka yang ada di dalam diri setiap siswa siswi kelas VII dan kelas VIII. Di hari pertama, pada tanggal 7 Juni 2021 banyak permainan seru seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu permainan menebak potongan gambar yang berhubungan dengan pramuka. Contoh-contoh gambar seperti lambang tanda pandu dunia, buku “Scouting for Boys”, lambang gerakan pramuka, dsb. Siswa-siswi sangat antusias dalam menebak potongan-potongan gambar tersebut. Permainan selanjutnya yaitu menebak lirik lagu pramuka yang sudah diubah ke dalam sandi angka, siswa-siswi yang mengetahui jawabannya bisa menyalakan micnya lalu menyebutkan lirik, judul, dan menyanyikan sedikit dari lagu tersebut. Dan tak lupa, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 juga diajari berbagai materi kepramukaan, seperti sejarah pramuka, sandi pramuka, Dasa Dharma, dan Trisatya.

Hari kedua merupakan hari yang diitunggu-tunggu oleh siswa-siswi. Kegiatan pramuka di hari kedua diisi dengan bermain Treasure Hunt yang berjudul “The Secret Behind The Ancient Temple” dan ditutup dengan menonton sebuah film bersama. Di Treasure Hunt ini, para siswa harus memecahkan setiap teka-teki yang diberikan. Regu dinyatakan berhasil ketika mereka menemukan 2-3 bunyi Dasa Dharma. Dari bunyi Dasa Dharma yang didapatkan setiap regu, nantinya akan disatukan dengan bunyi yang didapatkan oleh regu lainnya. Akhirnya, nanti akan menjadi bunyi Dasa Dharma yang satu padu, serta sesuai dengan urutannya. Permainan Treasure Hunt ini, kami berharap dapat membuat para siswa siswi semakin dekat satu sama lain. Kegiatan pramuka hari kedua ditutup dengan menonton film yang memiliki pesan moral yang sangat penting. Kegiatan pramuka seperti ini pastinya sangat berguna untuk menambah ilmu pengetahuan serta yang paling utama yaitu meningkatkan semangat pramuka siswa-siswi SMP Kristen Petra 5. Serta juga diharapkan untuk siswa-siswi dapat tumbuh menjadi orang-orang yang memiliki etika yang baik. Travejes… Yes We Can! (Jocelyn Gracia P.5)

boost the values reap the success