| |

Change to be A Better Person

Tahun ajaran 2014-2015 telah dimulai. Demikian pula dengan Layanan Orientasi Siswa (LOS) bagi murid-murid baru di SMP Kristen Petra 5 yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juli 2014. Dengan tema "Change To Be A Better Person" para murid yang telah beranjak dari SD ke SMP ini diajak untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta bisa menuai prestasi seperti kakak-kakak kelas lainnya.

Sebelum kegiatan LOS dimulai, pada hari Sabtu, 12 Juli 2014 para murid baru masuk sekolah. Pada hari itu mereka memasuki kelas masing-masing bersama wali kelas dan berkenalan dengan OSIS pendamping masing-masing kelas. Selain itu mereka juga diberi persiapan untuk pelaksanaan LOS.

Pada hari Senin kegiatan LOS hari pertama pun dimulai. Pagi hari itu kegiatan diawali dengan upacara bendera dalam rangka awal tahun ajaran 2014-2015. Upacara tersebut berlangsung dengan tertib dan hikmat. Ibu Nyoman selaku kepala sekolah SMP Kristen Petra 5 menyampaikan amanat dan pesan-pesan kepada para murid baru, sekaligus memukul gong sebagai tanda dimulainya kegiatan LOS.

"TRAVEJES, Yes We Can!!" itulah slogan yang diserukan untuk membangkitkan semangat para murid. Tak hanya murid baru, namun juga seluruh murid SMP Kristen Petra 5. Seusai upacara para murid kembali ke kelas dan memulai kegiatan selanjutnya, Wawasan Wiyata Mandala. Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu presentasi dan keliling sekolah. Melalui presentasi para murid menjadi lebih mengenal SMP Kristen Petra 5 mulai dari para guru dan karyawan, fasilitas dan kegiatan sekolah, organisasi dan tim olahraga, serta berbagai prestasi yang telah diraih kakak-kakak kelas. Lalu para murid dengan didampingi OSIS berkeliling sekolah dan mengisi peta buta yang telah disediakan.

Setelah kegiatan Wawasan Wiyata Mandala, para murid bermain dalam kegiatan Ice Breaking. Permainan tersebut bernama "Flash Bang!". Suasana kelas menjadi ramai dan ceria, mereka pun menjadi lebih mengenal teman-teman sekelasnya. Tak hanya menyenangkan, permainan "Flash Bang!" juga mengandung makna penting, yaitu mengenal orang-orang di sekitar kita. Sebagai makhluk sosial tentu kita tak bisa bekerja sendiri dan mencapai tujuan tanpa bantuan orang lain. Selain itu permainan tersebut juga mengajarkan kita untuk konsentrasi dan menjadi pendengar yang baik.

Tak hanya itu, kreativitas para murid pun diasah dengan membuat karya bagi orangtua. Mereka mengerjakannya dengan sangat serius. Dalam waktu singkat, hasil karya mereka pun jadi. Mereka membuat kartu ucapan dengan berbagai bentuk, motif, dan warna. Hasil karya mereka sangat bagus dan kreatif. Nantinya hasil karya terbaik akan diserahkan kepada orangtua pada hari Sabtu saat kegiatan parenting.

Para murid juga mengumpulkan sembako untuk kegiatan bakti sosial sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa kepedulian pada sesama. Baksos ini diberikan kepada Pasukan Kuning di sekitar daerah sekolah. Selain itu, para murid juga mempersiapkan diri untuk Talent Show yang akan dilaksanakan pada hari Rabu nanti. Ada yang bermain drama, menyanyi, menari, parade puisi, dan sebagainya.

Hari masih pagi namun lapangan sudah dipenuhi para murid berpakaian olahraga dari kelas 7.1 - 7.7. Dalam hari kedua LOS ini, setelah ibadah pagi para murid melakukan kegiatan "Surabaya Bersih dan Hijau". Mereka membersihkan lingkungan sekolah mulai dari depan hingga belakang. Tak hanya membersihkan, mereka juga menanam tanaman serta mengecat pagar dan batu pembatas di lapangan. Kegiatan tersebut berlangsung dengan sangat seru dan menyenangkan. Dalam hari kedua ini para murid sudah mulai akrab satu sama lain, juga dengan para OSIS. Setelah semua selesai dikerjakan, kami minum es buah dan makan nasi pecel yang telah disediakan para guru. Rasa lelah dan panas pun hilang, terlebih karena makan bersama teman-teman. Sekitar pukul 10 pagi para murid berganti pakaian batik dan melanjutkan kegiatan di dalam kelas.

Di kelas, para murid mengikuti ceramah sosialisasi yang diberikan oleh para guru BK. Ceramah tersebut menjelaskan perbedaan antara SD dengan SMP serta bagaimana cara kita menyikapinya. Mulai dari perbedaan cara belajar hingga pergaulan. Ceramah tersebut juga berisi tentang tata krama kita dalam berperilaku. Setelah itu para murid mengikuti kegiatan bernama "Move On", diawali dengan permainan coklat lalu dilanjutkan dengan penjelasan makna permainan tersebut. Inti dari kegiatan "Move On" ini adalah untuk mencapai cita-cita kita, ada 4 hal yang harus dilakukan : Mission, Vision, Action, dan Collaboration.

Kegiatan selanjutnya adalah "Eye Exercises". Di kelas masing-masing diputarkan video, kemudian para murid bersama wali kelas melakukan eyes exercises tersebut. Setelah itu para murid mengikuti kegiatan ceramah kepemimpinan di ruang serbaguna. Ceramah tersebut mengajarkan kita bagaimanakah seseorang disebut pemimpin dan juga memotivasi kita untuk menjadi seorang pemimpin.

Hari terakhir LOS pun tiba. Tak terasa dua hari telah berlalu dan sebentar lagi para murid akan memulai kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. Hari ketiga ini diawali dengan pembetukan pengurus kelas dan mencatat jadwal pelajaran. Para murid juga mengumpulkan tugas yang telah diberikan sebelumnya, yaitu menulis impian disertai foto dan biografi singkat tokoh yang menginspirasi mereka. Tokoh yang menginspirasi mereka bermacam-macam mulai dari atlet, artis, hingga para ilmuwan dunia.

Setelah kegiatan di kelas, para murid turun ke lapangan dan mengikuti Ibadah Awal Tahun bersama-sama. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Bapak Pendeta Anil Dawan, M.Th, mengajak kita untuk mengisi tahun ajaran 2014-2015 ini dengan berbuat baik. Perbuatan baik bisa dimulai dalam hal-hal sederhana dalam keseharian kita. Para murid mengikuti ibadah tersebut dengan sangat baik dan tertib. Setelah ibadah, acara yang ditunggu-tunggu pun dimulai, yaitu Talent Show. Satu per satu kelas menunjukkan penampilan terbaiknya. Walaupun waktu persiapan relatif singkat, namun penampilan mereka sangat bagus dan menghibur. Tak kalah, para OSIS dan guru pun memberikan penampilan terbaik mereka. Setelah talent show, acara dilanjutkan dengan perkenalan para guru. Satu per satu guru naik ke panggung dan memperkenalkan dirinya.

Akhirnya tibalah kita di penghujung acara. Ibu Nyoman selaku kepala sekolah SMP Kristen Petra 5 memberikan kata-kata sambutan sekaligus menutup kegiatan Layanan Orientasi Siswa tahun ajaran 2014-2015. Setelah itu beliau menyerahkan penghargaan kepada murid terbaik dari setiap kelas berupa sertifikat. Beliau juga mengenakan mahkota dan kain selempang kepada King & Queen LOS, yaitu Michael Timothy (7.1) dan Angela (7.2). Menjelang pukul 2 siang acara ditutup dengan doa, lalu para murid pun pulang.

LOS1.jpgLOS2.jpgLOS3.jpg

boost the values reap the success