| |

Sosialisasi Tata Tertib dan Kurikulum

Perubahan baru saat memasuki tahun pelajaran yang baru ini membutuhkan adaptasi untuk para siswa dapat memahaminya, terutama bagi siswa kelas VII yang baru menginjakkan dunia SMP. Hal ini pun yang juga perlu diketahui dan dipahami oleh orang tua siswa dalam mendampingi putra-putrinya. Kebiasaan saat di SD tidak sama lagi ketika memasuki SMP. Oleh karena itu, pada tanggal 19 Juli 2014 dan tanggal 23 Agustus 2014 SMP Kristen Petra 5 mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa kelas VII dan VIII terkait informasi tata tertib dan kurikulum ’13 yang dimulai tahun pelajaran 2014/2015. Bersamaan dengan kegiatan sosialisasi diadakan jalan sehat dan bazar peduli kasih untuk siswa kelas VII.

Banyak hal yang perlu dipahami oleh orang tua siswa dalam aturan-aturan yang ditetapkan oleh sekolah dan harus dipatuhi oleh siswa, misalnya tentang keterlambatan siswa, atribut seragam sekolah, potongan rambut, pemakaian HP, dan pemakaian buku pribadi siswa. Sanksi-sanksi ketika siswa melanggar juga disampaikan kepada orang tua, sehingga nantinya mereka dapat membimbing putra-putrinya serta dengan baik dapat menjalin kerjasama dengan sekolah.

Tak lupa juga pengenalan tentang kurikulum ’13 yaitu terkait jumlah jam pembelajaran tiap minggunya, pelaksanaan remidi, pelaksanaan ulangan susulan, penilaian kurikulum ’13 (penilaian spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan), serta pengenalan tentang rapor online. Orang tua ditunjukkan bagaimana membuka rapor online via internet.

Pada penghujung acara orang tua dikejutkan dengan hadirnya putra-putri mereka yang diwakilkan oleh beberapa siswa kelas VII dengan membacakan kartu ucapan terima kasih mereka kepada orang tua dan memberikannya kepada mama atau papa yang saat itu hadir serta tidak lupa kecupan sayang diberikan kepada mereka. Kartu ucapan terima kasih tersebut sudah dibuat oleh para siswa saat kegiatan Layanan Orientasi Siswa (LOS). Sedangkan untuk siswa kelas VIII mereka mempersembahkan sebuah lagu yang berjudul ”Terima Kasih Mama Papa” yang dinyanyikan oleh Aldo dan Aldi.

Suasana haru dan bangga melingkupi ruangan tersebut saat itu juga. Ya, kebanggan yang luar biasa terbesit pada orang tua kepada putra-putrinya. Biarlah semangat itu selalu ada dalam diri kami semua, baik siswa, orang tua, dan sekolah untuk mencapai sebuah tujuan yang baik dalam perubahan baru di tahun pelajaran ini. Tuhan Memberkati

sosialisasi2.jpgsosialisasi3.jpgsosialisasi1.jpg

boost the values reap the success