| |

 Olimpiade Matematika, IPA dan Bahasa Inggris SD 2014/2015

Prestasi seorang siswa sangat diperlukan adanya motivasi dan dorongan. Sebagai wujud motivasi dan dorongan tidak hanya diperoleh melalui proses pembelajaran tetapi juga melalui keikutsertaan dalam berbagai lomba. Pada hari Minggu, 28 Oktober 2014 SMP Kristen Petra 5 mengadakan Olimpiade Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dengan tujuan memberikan motivasi siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya, membantu siswa yang berprestasi untuk berkompetisi secara positif dengan siswa dari sekolah yang berbeda dan mengenalkan keberadaan SMP Kristen Petra 5 untuk lebih dikenal oleh masyarakat.

Pelaksanaan Olimpiade SD diikuti oleh berbagai SD baik dari dalam maupun dari luar Petra bahkan ada SD peserta dari luar kota seperti Sidoarjo, Malang, Jombang, Bojonegoro, Tuban. Belajar dari pengalaman tahun lalu, panitia Olimpiade SD juga menyediakan tempat khusus untuk istirahat bagi peserta yang datang dari luar kota dan penyediaan tempat sholat untuk peserta dan guru pendamping yang beragama Islam. Jumlah total peserta yang mengikuti lomba sebanyak 193 siswa. Dari babak penyisihan yang dilakukan, terpilih Matematika 21 siswa, Bahasa Inggris 13 siswa, dan IPA 13 siswa untuk mengikuti babak final. Adapun tahapan untuk penentuan siswa terbaik, untuk matematika siswa mengkuti rally game, dan mereka memperoleh soal Uraian, untuk IPA siswa harus mengikuti tes yang berada di Laboratorium Biologi dan Laboratorium Fisika dan untuk Bahasa Inggris siswa mengikuti tes di Laboratorium Bahasa dan berakhir dengan Story Telling di panggung yang sudah disediakan. Dari babak final diambil 5 terbaik yang terdiri dari Juara 1 berhak memperoleh tropi & uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000,- Juara 2 berhak memperoleh tropi & uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,- Juara 3 berhak memperoleh tropi & uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,- Harapan 1 berhak memperoleh tropi & uang pembinaan sebesar Rp. 500.000,- dan Harapan 2 memperoleh tropi (tanpa uang pembinaan).

Ikut dalam menyemarakkan olimpiade SD, SMP Kristen Petra 5 juga menggelar Bazar, Pameran Akademik (Geografi, Fisika, Elektro, Biologi, Bahasa Indonesia) & Pameran ELS (fashion design, Art and Craft, Robotik, Cooking Class, Fotografi, serta ekstrakurikuler seni lukis). Olimpiade SD yang diketuai oleh Dra. Cicik Rahayu Any S. dapat berjalan lancar, baik karena kerjasama panitia maupun peserta. Keputusan hasil lomba dapat diterima oleh peserta dengan baik.

Kegiatan Olimpiade SD ini, dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah (SMP Kristen Petra 5) dengan pemukulan gong pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Petra, pengarahan oleh ketua panitia untuk teknis pelaksanaan dan tata tertib lomba, tepat pukul 08.20 WIB, babak penyisihan dilaksanakan masing-masing 60 menit untuk setiap mata pelajaran. Disela-sela menanti pengumuman lomba para siswa SMP Kristen Petra 5 yang tergabung dalam paduan suara, band, dan tari tradisional ikut unjuk kemampuan. Suasana sungguh menyenangkan, para pendamping merasa terhibur dan tidak jenuh menunggu proses lomba. Akhir pelaksanaan lomba ditutup dengan pengumuman hasil lomba oleh ketua panitia. Adapun hasil lomba sebagai berikut :

Nama Asal SD Bidang Studi Juara
 Aaron Alvarado Kristanto   SD Kristen Petra 9 Matematika  1
 Samuel  SD Katolik Santa Clara  Matematika  2
 Bryan Noel Salindeho  SD Kristen Cita Hati Matematika  3
 Michael Brian Pratama  SD Kristen Petra 1 Matematika   Harapan 1 
 Nicholas Patrick  SD Kristen Cita Hati Matematika   Harapan 2 
 Aron Septianto  SD Kristen Petra 13 IPA  1
 Anthonius Bernard  SD Xin Zhong IPA  2
 Caroline Sutanto  SD Kristen Petra 1 IPA  3
 Nathasya Manuel  SD Kristen Petra 9 IPA   Harapan 1 
 Christopher Julius L.  SD Kristen Petra 13 IPA   Harapan 2 
 Defnie Wendie A.  SD Kristen Petra 13 B.Inggris  1
 Angelina Feodora  SD Kristen Petra 5 B.Inggris  2
 Ivanna Naisha Agastya  SD Kristen Petra 9 B.Inggris  3
 Riza Saphira Rahmandhani   SD Mentari Kasih B.Inggris   Harapan 1 
 Plaudo Abel Mintarja  SD Katolik Santa Clara B.Inggris   Harapan 2 

Dari hasil lomba, piala bergilir yang sebelumnya dipegang oleh SD Kristen Petra 9, kini piala beralih ke SD Kristen Petra 13 Surabaya. Kerjasama yang baik antar panitia membawa kesuksesan untuk penyelenggaraan Olimpiade SD tahun ini. Besar harapan SMP Kristen Petra 5 untuk bisa menarik siswa dari SD luar Petra memilih sekolah lanjutan di jenjang SMP.

olimpiade1.jpgolimpiade4.jpgolimpiade2.jpgolimpiade5.jpgolimpiade3.jpgolimpiade6.jpg

boost the values reap the success