| |

Lomba Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan

Kami poetra dan poetri Indonesia,
mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia..

Kami poetra dan poetri Indonesia,
mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia..

Kami poetra dan poetri Indonesia,
mengjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia..

Semangat perjuangan para pemuda-pemudi bangsa 86 tahun silam dan semangat kepahlawanan pemuda-pemudi Surabaya 10 November 1945 masih menggema hingga saat ini. Sumpah pemuda dan peristiwa 10 November 1945 merupakan bukti bahwa bangsa ini lahir karena semangat perjuangan, bukan lahir begitu saja. Janji kaum muda saat itu dan semangat perjuangan 10 November 1945 menjadi landasan dasar terbentuknya negara Indonesia yang berdaulat.

Siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 Surabaya mengenang peristiwa tersebut. Kami tidak ingin peristiwa akbar tersebut terlupakan begitu saja, maka dari itu semangat itu dimunculkan kembali melalui berbagai kegiatan.

Renungan dari sentral yang disampaikan Bapak Drs. Yohanes Didik, M.Pd., M.M. menjadi pengantar sebelum kegiatan lomba dimulai. Bapak Didik mengingatkan kepada kami (siswa-siswi) akan pentingnya semangat pemuda yang terus berkobar menerima sebuah perubahan untuk terus dimiliki siswa-siswi sebagai mandat Tuhan yang harus dijalankan.

Lomba-lomba yang diselenggarakan begitu semarak, siswa-siswi SMP Kristen Petra 5 hanyut dalam euforia. Lomba-lomba berlangsung dengan lancar. Banyak lomba yang menarik seperti lomba merangkai buah, menangkap belut, membuat cerpen, fashion design, Fotografi, cerdas cemat, acapela, Paskibra dan desain grafis. Lomba merangkai buah dilaksanakan di lorong lantai 2. Lomba menangkap belut dilaksanakan di lapangan. Lomba membuat cerpen dilaksanakan di lorong lantai 3. Lomba fashion design dilaksanakan di depan ruang TU/Tata Usaha. Sedangkan Peserta lomba Fotografi memfoto seluruh kegiatan lomba. Lomba Cerdas Cermat yang dilaksanakan di ruang serbaguna. Lomba acapela dilaksanakan di perpustakaan.

Kami tidak ingin kebahagian peristiwa lomba ini hanya kami nikmati sendiri saja, kami sadar pentingnya sikap berbagi untuk sesama. Momen bahagia ini biarlah dirasakan juga oleh orang-orang disekitar kami yang membutuhkan uluran tangan kasih dari kami. Kami membawa hasil dari lomba merangkai buah untuk kami persembahkan ke Panti Surya. Kami berharap sikap berbagi ini semakin menguatkan diri kami untuk memahami makna kepahlawanan dan semangat kepemudaan yang sebenarnya.

Semoga kegiatan yang berlangsung begitu singkat pada hari itu, yaitu pukul 07.00-09.00 WIB tidak memberi dampak yang singkat pula, melainkan semangat kaum muda 86 tahun silam dan peristiwa 10 November 1945 masih menggema dan hadir di hati kami untuk selama-lamanya. Tuhan Yesus memberkati kita semua…

sumpah_pemuda2.jpgsumpah_pemuda4.jpgsumpah_pemuda1.jpgsumpah_pemuda3.jpgsumpah_pemuda5.jpg

boost the values reap the success