| |

Program Veteran Mengajar

Dimasa online seperti ini menjadi sebuah kesenangan bahwa program veteran mengajar masih tetap dapat dilaksanakan di SMP kr. Petra 5. Meskipun saat ini adalah saat dimana kita tidak dapat keluar, tetapi itu bukanlah suatu penghalang bagi kami murid-murid kelas 95 untuk mengikuti program veteran mengajar. Banyak dari kami sangat antusias dalam pengajarannya. Program veteran ini dilaksanakan langsung melalui zoom dan juga video yang diputarkan kepada kami.  Video tersebut langsung dibuat oleh ketua cabang Legiun Veteran Republik Indonesia dengan cabang bagian Surabaya bersama dengan beberapa dari ketua-ketua ranting yang ada di Surabaya.

R veteran 01

Didalam video tersebut terdapat banyak pemahaman bagi kita para pemuda yang terkadang kurang rasa cinta kita terhadap tanah air kita sendiri dan terkadang malah mengikuti gaya barat. Sudah seharusnya kita memahami tentang sejarah tanah air kita sendiri. Nah, disaat inilah saat dimana kita dapat memahami tentang sejarah bangsa Indonesia dan perjuangan para pahlawan kita saat dijajah. Dalam video yang dijelaskan terdapat pemahaman yang sangat menarik mengenai JSNA 45. JSNA 45 ini juga memiliki kepanjangan yaitu J yang terdiri dari jiwa, S yang bermaksud semangat, N yang diartikan nasionalime dan bersama dengan angka 45. Tidak hanya tentang JSNA 45,tetapi didalam video tersebut juga terdapat penjelasan  terkait mengenai pemahaman catatan sejarah sejak bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda sampai dengan hari ini.

R veteran 01

Bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun, Inggris selama 4,5 tahun, dan 3,5 tahun dijajah oleh Jepang sampai tahun 1945. Disaat itu Jepang melangsungkan perang bernama "Perang Asia Timur Raya" karena saat itu Jepang miliki ambisi untuk menguasai dan menduduki seluruh wilayah Asia. Banyak sekali negara yang mulai diserang okeh Jepang,seperti beberapa pangkalan Amerika di Hawaii sebagai awalan dan kemudian pindah kebagian Barat. Jepang mulai menyerang Korea,Tiongkok,Vietnam,Kamboja,Indonesia,dan negara-negara lainnya. Seperti yang sudah kita pelajari bahwa negara sekutu telah berhasil untuk melemparkan bom di beberapa kota Jepang dan Jepang akhirnya dapat menyerah. Indonesia pun mendengar berita bahwa Jepang menyerah dan memutuskan untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang kita ingat sebagai hari kemerdekaan kita. Tidak hanya sampai disitu perjuangan para pahlawan kita. Pada tanggal 19 September 1945 dihotel Maja Pahit terjadilah suatu perperangan dengan pemiliki hotel karena telah mengibarkan bendera berwarna merah,putih,biru. Akhirnya didalam peperangan itu telah menewaskan 3 orang pahlawan dan dilakukannya penembakan kepada pemilik hotel.

Di tahun 49 para pejuang yang keluar kota yang di awali Brikade Mataram yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto menyerbu kota Jogjakarta yang diduduki selama 6 jam untuk membuktikan Republik Indonesia masih ada. Belanda berpindah ke arah Surakarta, dan di Solo terjadi perang semala 3 hari yang berawal dari 7 Agustus sampai 10 Agustus, birkade itu di pimpin oleh Letnan kolonel Ignatius Slamet Riyadi, Brikade 17 pelajar. Belanda dipinpim oleh kolonel ( KNIL ) Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger. Dan Belanda kalah minta genjatan senjata dari Bung Karno dan Bung Hatta ke Solo. Terjadi genjatan senjata, dan tanggal 10 Agustus 1949 Bung Karno menyatakan Hari Lahir Veteran yang di akumulasikan menjadi Hari Veteran Nasional.

Diantara tahun 49 samapi tahun 60 Belanda melaksanakan genjatan senjata dan melaksanakan diplomasi, yang pertama membuat perjanjian Linggar Jati yang kedua membuat perjanjian diatas kapal Renville, yang ketiga membuat perjanjian antar menteri luar negera roem dan royen, yang keempat dan yang terakhir yaitu membuat koferensi meja bundar, isi dari konferensi tersebut mengatakan “ Indonesia boleh menderka, namun namanya Republik Indonesia Serikat.” Serikat karena tanpa irian barat dan papua. Nanti sesudah 2 tahun akan di laksanakan Referendum di papua atau lepas dari Indonesia. Tahun 60 Presiden Soekarno menyatakan tidak mau, dan KNB batal. Dan melaksanakan Tri Komando Rakyat ( Trikora ) dengan operasinya Mandala untuk merebut irian barat. Di Surabaya terdapat pangkalan terbesar TNI. Di Surabaya ada sandar KRI irian. Marinir di Karang Pilang dan di Perak digerakkan satu brikade ketimur untuk merebut irian barat. Hal yang terjadi di tanggal 15 Januari 1962 patrolinya 3 MTB ( Motor Torpedo Boat ) yang di pimpin oleh Komodor Yos Sudarso, bertemu dengan kapal belanda Fregat di perairan arafura dan terjadi kontak senjata, dan satu MTB bersama Komodor Yos Sudarso tenggelam, dan ia mengatakan lewat telkom “ macan tutul tenggelam secara gantleman and brave ” artinya kesatria dan berani. 15 Januari 1962 Pemerintah menyatakan Hari Dharma Samudera. Veteran Surabaya adalah sisa-sisa dari pertempuran merebut irian barat yang tidak jadi karena irian diserahkan kepada Indonesia.

Malaysia dibentuk kofiderasi dengan malaya sebagai tulang punggung nya, SEATO ( Southeast Asia Treaty Organization ) sebagai pem back-up nya. Kordinasi Malaysia, sarawak dan sabah dengan SEATO menimbulkan ketidak senangan Presiden Soekarno. Dan kofiderasi Malaysia dianggap musuh kemudian Soekarno meneriakan “ Ganyang Malaysia “ yang artinya tidak setuju dengan konfiderasi Malaysia namun Bung Karno tidak menyatakan perang ke Malaysia sehingga pasukan Indonesia yang menyusup ke perbatasan wilayah Malaysia dan Singapura tidak dianggap Prissoner of war tapi diperlakukan sebagai teroris, 2 prajurit KKO yaitu Usman dan Harun menyusup ke Singapura dan berhasil meledakkan 1 sasaran lalu mundur menggunakan speedboat namun speedboat nya mogok dan ditangkap oleh patroli maritim Singapura, lalu dipenjara dan digantung. Presiden Soeharto membawa 2 jenazah prajurit KKO dan di makam di Indonesia yaitu di Kalibata dan dianugerahi Pahlawan Nasional. Dan Veteran yang masih hidup membela kemerdekaan. Portugal manjajah Timor timur dan Portugal yang negaranya di Eropa sedang kacau karena tidaak ada yang memerintah dan akhirnya Timor timur terbebas secara sendirinya. Tahun Mei 75 Fretilin memproklamirkan kemerdekaan Timor Leste namun sebagian besar dari Timor timur yaitu UDT, APDT, Trabalista menyatakan mendeklarasikan di baliho bergabung dengan Indonesia. Hal ini dikirimkan ke jakarta dan di sidangkan di DPR naik ke MPR dan turun ke rakyat. Dan Timor timur di terima sebagai provinsi ke 27 dan didukung pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia melancarkan operasi Seroja mulai 23 mei samppai 27 juli tahun 76 Surabaya pangkalan laut terbesar mengirimkan 10 kapal eleste dan di kawal 3 kapal korvet mendaratkan parmar 1 di Deli, pasmar 2 mendarat di laga, pasmar 3 mendarat di jakarta di selatan yaitu di betano, pasmar 4 mendarat di komoro. Sampai akhir nya Timor timur hampir diduduki oleh tentara Indonesia provinsi ke 27 didirikan.

Terjadi ketidak kecocokan antar daerah dan pemerintah, ada yang berontak PRRI permesta. Tahun 1965 terjadi pemberontakan PKI dengan catatan G 30S PKI. Dan akhirnya veteran rela berkorban membela negara tanpa pamrih dan hal itu tercantum di JSN45 ( Jiwa Semangat Nasionalisme 45 ) untuk bertempur 3 hari 3 malam tidak tidur untuk negara kemudian semua prajurit memiliki jiwa korsa yaitu persatuan dan kesatuan. Dan itu yang diinginkan veteran untuk para pemuda sekarang dan juga dimasa depan. (Oleh Stephani Kelas IX.5)

boost the values reap the success