| |

Berkat Tuhan di Hari Paskah

image 1Akhir Februari lalu, saya (Yoel kls 9.6) dari SMP Kristen Petra 5 diajak oleh teman saya, Jason Kuning Putro untuk mengikuti S2LC 2021 untuk pelajaran Biologi. Guru Biologi saya juga mendukung. Awalnya saya kurang berminat untuk mengikuti lomba tersebut karena tanggal pelaksanaannya yang dekat dengan ujian sehingga persiapan lomba menjadi kurang maksimal. Namun, akhirnya saya memutuskan mengikuti lomba Biologi tersebut meskipun ternyata waktu untuk belajar mempersiapkan lomba hanya kurang lebih seminggu. Pada waktu senggang, saya berusaha untuk membaca soal-soal maupun materi Olimpiade Biologi. Pertemuan untuk membahas materi bersama guru hanya satu kali saja. Namun, saya dan teman satu tim saya berusaha mempelajari materi lomba dengan baik dan berdoa kepada Tuhan agar diberi hikmat dalam memahami materi dan mengerjakan soal lomba.

Pada hari Sabtu, 27 Maret 2021, kami mengikuti babak penyisihan di sekolah. Sebelum mengerjakan soal, kami berdoa agar kami diberi hikmat dalam menyelesaikan soal-soal yang ada. Lalu, kami mengerjakan 100 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit saja. Puji Tuhan, kami akhirnya lolos ke babak perempat final. Di babak perempat final, kami mengerjakan 30 soal isian yang terdiri dari soal kategori easy, medium, dan hard masing-masing 10 soal. Pada hari Senin, 29 Maret 2021, peserta yang lolos ke semifinal diumumkan dan kami berdua lolos, kami mengucap syukur. Meskipun kami lolos, kami tetap belajar agar kami bisa bertahan di babak semifinal hingga final. Sebelum berlomba, tidak lupa berdoa kepada Tuhan. Tanggal 3 April 2021, kami menghadapi babak semifinal. Di babak semifinal, ada beberapa pos di mana di setiap pos terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Dan pada babak semifinal tersebut, kami mengalami gangguan jaringan. Tetapi kami tidak menyerah dan kami terus berharap kepada Tuhan agar kami diberi hikmat dalam menyelesaikan soal yang ada. Malam harinya, kami diumumkan lolos ke babak final, sehingga kami belajar kembali untuk mempersiapkan besok.

image 2

4 April 2021, adalah babak final lomba Biologi S2LC 2021, sekaligus memperingati Paskah. Sehingga kami berharap agar melalui Paskah ini, saya diberkati Tuhan dalam menjawab soal-soal yang ada di babak final ini sehingga jika Tuhan mengizinkan, kami bisa menang untuk memuliakan Tuhan. Di babak final ini, kami mengerjakan soal dengan sistem tanya jawab langsung oleh panitia, serta ada babak rebutan setiap beberapa saat. Setelah babak final ini selesai, kami berharap agar bisa menang, salah satunya kita berharap dan berdoa. Akhirnya, pada siang hari panitia mengumumkan bahwa Yoel Epafroditus Hariyanto (IX.6) dan Jason Kuning Putro (IX.1) mendapatkan juara 3. Puji Tuhan, meskipun di masa pandemi dengan segala keterbatasan yang ada, kami bisa memuliakan nama Tuhan khususnya di hari Paskah untuk memperingati kebangkitan Tuhan Yesus. Terima kasih dan Tuhan Memberkati. Amin. (Yoel 9.6)

boost the values reap the success