| |

Pengalaman OSN 2010

p5-osn2010_03

Pada hari Kamis, tanggal 29 Juli 2010, kami dipanggil ke Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk mengikuti pendalaman materi. Kami dilatih praktik selama sehari dan latihan teori selama dua hari, yang dilakukan di ruang kelas STIESIA dan Universitas Airlangga. Banyak teman-teman kontingen yang berasal dari tiap-tiap daerah di Jawa Timur. Kami berlatih dan berbagi ilmu bersama di tempat ini. Bukan hanya sebagai persiapan materi, tetapi juga persiapan mental untuk mengikuti OSN ke-9 di Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 1─7 Agustus 2010. Pelatihan dimulai sekitar pukul 07.00 hingga pukul 21.00, sesuai dengan mata pelajaran kami masing-masing (Biologi, Fisika, dan Matematika). Akhirnya … tanggal 1 Agustus 2010, pukul 08.00, kami (sebagai kontingen Jawa Timur) berangkat dari Bandara Juanda untuk terbang menuju Medan. Perjalanan ini menempuh waktu sekitar 3,5 jam. Sebelum tiba di Bandara Polonia, Medan, pesawat transit terlebih dahuiu ke Batam kurang lebih selama 15 menit. Dari Bandara Polonia, kami diantar ke Hotel Tiara menggunakan bus, di mana hotel tersebut adalah tempat penginapan bagi seluruh peserta OSN 2010 tingkat SMP. Hari pertama, acaranya check in. Dan hari kedua, diadakan technical meeting untuk membicarakan tentang lomba besok yang akan dimulai dengan tes teori terlebih dahulu.

p5-osn2010_01Hari Selasa, tanggal 3 Agustus 2010, adalah hari yang benar-benar menguras tenaga. Dari pukul 07.00, kami diuji dengan tes teori, selama 2,5 jam. Persiapan fisik, mental, dan rohani, telah kami lakukan. Ketakutan, kelelahan, serta rasa cemas tidak bisa mengerjakan soal, adalah musuh dari diri sendiri yang harus dilawan. Namun, kami sadar kalau kami punya Tuhan, di mana Dialah yang membimbing kami semua dari tingkat kota, provinsi, hingga sekarang lolos ke tingkat nasional. Dan kami tetap percaya bahwa Dialah Sang Pemberi Pertolongan. Akhirnya, soal telah selesai kami kerjakan.

p5-osn2010_01Keesokan harinya, adalah hari yang jauh lebih melelahkan dibanding kemarin. Hari ini ada tes praktik untuk materi Biologi yang harus Edwin kerjakan. Tes ini dibagi menjadi empat sesi, dan tiap sesi ada break selama 15 menit. Pada hari kedua, sempat terjadi kesalahan teknis dari pihak panitia, di mana break setelah sesi ke-2  yang seharusnya hanya 15 menit, menjadi 2 jam. Lelah otak… rasanya jauh lebih tidak enak jika dibanding dengan lelah fisik. Walaupun merasa lelah, pada hari kedua ini pertolongan Tuhan terasa sangat nyata. Semula, ada beberapa soal praktik yang tidak bisa dikerjakan, tetapi dengan pertolongan Tuhan, Edwin pun dimampukan untuk dapat menyelesaikannya. Akhirnya, tes hari ke-2 ini pun dapat kami lalui semuanya.

p5-osn2010_04Pada hari Jumat, tanggal 6 Agustus 2010, pengumuman pemenang dan penutupan OSN dilakukan di Lapangan Merdeka, Medan. Hari ini adalah hari yang sangat menentukan, apa kami pulang dengan tangan
kosong… atau dengan keberhasilan! Pengumuman pemenang pun dibacakan sesuai dengan bidang kami masing-masing. Dimulai dari Juara III yang mendapat medali perunggu, dari nilai paling bawah ke yang tertinggi. Sunardi dan Alan telah dibacakan namanya, mereka memperoleh  medali perunggu. Setelah beberapa lama, medali perunggu selesai dibagikan, namun nama Edwin tidak kunjung dibacakan juga sebagai pemenang. Edwin mulai putus asa, namun tetap percaya dan berharap kepada Tuhan. Finally… saat pengumuman peraih medali perak pertama, nama Edwin disebutkan, perasaan tidak percaya bercampur senang kami alami bersama saat itu.

Di sinilah Tuhan menunjukkan kuasa-Nya. Sebenarnya kami percaya, di dalam mengerjakan soal, di mana kami berada pun, Dia tetap dan selalu bekerja. Walaupun kita sering menyangkal keberadaan-Nya, namun Dia ada, dalam setiap detik hidup kita. Dan Dia tahu saat yang tepat untuk menunjukkan kepada kami akan kemuliaan-Nya yang nyata di hidup kami.

by: Edwin S. (IX-4), Sunardi W. (IX-3), Alan D. (VIII-7)


Link Terkait : 

boost the values reap the success